Moderna Mulai Uji Coba Vaksin untuk Bayi dan Anak-anak

March 19, 2021 | Helmi

vaksin moderna

Proses vaksinasi virus corona sudah dimulai di berbagai negara, tak terkecuali dengan Indonesia. Vaksinasi ini dilakukan untuk menghentikan laju pandemi Covid 19 yang sudah memakan banyak korban jiwa di seluruh dunia.

Seperti yang kita ketahui bersama, vaksin yang ada saat ini diperuntukkan bagi orang dewasa dan lansia yang merupakan kelompok paling rentan terpapar virus corona.

Sampai saat ini belum ada vaksin yang tersedia untuk bayi dan juga anak-anak. Untuk itu para perusahaan yang memproduksi vaksin Covid 19 sudah mulai meneliti dan menguji coba vaksin untuk bayi dan anak-anak.

Perusahaan obat asal Amerika Serikat, Moderna telah mulai mempelajari vaksin Covid-19 pada anak-anak berusia enam bulan hingga 11 tahun. Moderna adalah produsen AS pertama yang menguji vaksinnya pada bayi.

Perusahaan berencana untuk mendaftarkan sekitar 6.750 anak di AS dan Kanada untuk uji coba. Anak-anak dan remaja dipandang penting untuk mencapai tingkat kekebalan yang diperlukan untuk menghentikan pandemi.

YesDok Ads

Meskipun risiko anak-anak menjadi sakit parah akibat virus lebih kecil daripada orang dewasa, risiko penularan masih ada, terutama di kalangan remaja.

"Studi pediatrik ini akan membantu kami menilai potensi keamanan dan imunogenisitas vaksin Covid-19 kami pada populasi usia yang lebih muda ini," kata CEO Moderna Stéphane Bancel.

Baik Moderna dan Pfizer mulai menguji vaksin Covid-19 mereka pada anak-anak berusia 12 tahun ke atas tahun lalu. Hasil uji coba ini sedang menunggu keputusan lebih lanjut.

AstraZeneca mengumumkan uji coba pertamanya pada anak-anak bulan lalu. Johnson & Johnson mengatakan akan menguji vaksinnya pada bayi dan anak-anak tetapi belum merilis jadwal untuk melakukannya.

(Foto: france24)

YesDok Ads