Diet
+1

Mitos: Obesitas Tidak akan Pengaruhi Kesehatan

February 17, 2021 | Helmi

obesitas

Orang-orang semakin sadar akan masalah kesehatan yang terkait dengan obesitas. Obesitas adalah suatu kondisi medis yang terjadi ketika seseorang memiliki kelebihan berat badan atau lemak tubuh yang dapat mempengaruhi kesehatannya. 

Indeks massa tubuh (BMI) adalah alat yang digunakan dokter untuk menilai apakah seseorang memiliki berat badan yang sesuai untuk usia, jenis kelamin, dan tinggi badannya. Pengukuran ini biasanya menggabungkan tinggi dan berat badan seseorang.

Meski sudah banyak yang paham akan efek buruk dari obesitas, namun masih ada saja mitos yang bertebaran di tengah masyarakat. Jika memiliki pemahaman yang salah, jelas ini bisa berbahaya bagi masyarakat.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui mitos dan fakta yang sebenarnya terkait obesitas. Kali ini kami akan membahas salah satu mitos terkait obesitas.

Salah satu mitos menyebutkan bahwa obesitas sama sekali tidak akan mempengaruhi kesehatan penderitanya. Benarkan demikian?

YesDok Ads

Sudah dapat dipastikan bahwa ini hanya mitos. Ada beberapa kondisi kesehatan yang berhubungan dengan obesitas. Misalnya, obesitas meningkatkan risiko diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular, osteoartritis, sleep apnea, dan beberapa kondisi kesehatan mental.

Meskipun demikian, penurunan berat badan yang sedikit saja dapat memberikan manfaat kesehatan bagi seseorang yang mengalami obesitas. 

Menurut CDC, "penurunan berat badan 5–10% dari total berat badan Anda cenderung menghasilkan manfaat kesehatan, seperti peningkatan tekanan darah, kolesterol darah, dan gula darah."

Sedangkan menurut tinjauan literatur yang ada di BMJ menyimpulkan bahwa intervensi penurunan berat badan "dapat mengurangi kematian prematur semua penyebab pada orang dewasa dengan obesitas."

(Foto: lanap)

YesDok Ads