Mitos Keliru tentang Latihan Kardio

January 12, 2020 | Iman

Latihan kardio

Siapa sih yang tidak ingin memiliki tubuh ramping namun juga sehat. Beragam cara dilakukan bagi mereka yang ingin sehat salah satunya dengan latihan kardio. Kardio adalah kependekan dari kegiatan kardiovaskular, yakni kegiatan yang meningkatkan fungsi detak jantung Anda seperti berlari, berenang, dan bersepeda.

 
Kardio dianggap salah satu latihan terbaik untuk menurunkan berat badan dan bertujuan untuk kesehatan jantung dan paru-paru secara keseluruhan. Lewat kardio, kita dapat terbantu dengan membakar lebih banyak kalori dan melepaskan hormon endorfin. Namun sayangnya masih ada saja mitos tentang latihan kardio yang tidak masuk akal. Dilansir Times of India, berikut diantaranya.

 
1. Kardio Menentukan Penurunan Berat Badan

Penurunan berat badan tidak bisa hanya tergantung pada kardio, proses ini tetap membutuhkan keseimbangan kardio dan diet yang tepat,. Diet yang diatur dengan sempurna adalah penting karena tanpa diet yang tepat, latihan kekuatan atau kardio tidak akan membantu. Kardio maupun latihan lahin hanyalah suplemen pelengkap dalam proses penurunan berat badan Anda.

 
2. Melakukan Puasa sebelum Kardio

Mitos kardio lain yang terkenal adalah Anda disarankan tidak makan berat sebelum melakukan aktivitas kardio. Hal ini dikarenakan agar tubuh Anda memanfaatkan pembakaran energi lain sehingga penurunan berat badan dirasa maksimal. Nyatanya ini keliru, tubuh Anda tetap memerlukan energi untuk mengarahkan otot dan komponen lain agar latihan Anda menjadi maksimal dan jauh dari rasa lemas.

 
3. Berlatih Sebentar adalah Sia-sia

YesDok Ads

Sangat keliru jika dikatakan berlatih di bawah satu jam merupakan usaha yang sia-sia belaka. Perlu diketahui, semua gerakan tubuh Anda menghasilkan pembakaran kalori. Entah itu dilakukan selama berjam-jam atau kurang dari satu jam, itu tetap bermanfaat bagi Anda.

 
4. Latihan Kekuatan dapat Diganti dengan Kardio

Kardio adalah hal yang sama sekali berbeda jika dibandingkan dengan latihan kekuatan. Orang-orang sering percaya kardio mirip dengan latihan kekuatan kaki, ini yang tidak benar. Saat Anda melakukan latihan penguatan kaki, Anda melatih mengencangkan otot kaki untuk mengangkat beban yang lebih berat. Sementara kardio melatih otot kaki untuk jenis ketegangan yang berbeda agar daya tahan Anda lebih bugar..

 
5. Latihan Kardio Harus Dilakukan Lebih Dahulu

Tidak ada urutan khusus kapan Anda harus melakukan kardio. Latihan kekuatan membantu membakar lebih banyak kalori daripada kardio. Jadi idealnya Anda harus terlebih dahulu melakukan latihan kekuatan yang lebih menguras energi. Namun tak adak urutan pasti, semua tetap kembali pada pilihan prioritas Anda.
 

6. Kardio Membutuhkan Pusat Kebugaran

Ini adalah salah satu mitos paling konyol, dan menjadi penghalang paling umum bagi Anda untuk memulai. Kardio merupakan olahraga yang paling simpel, entah itu dilakukan di dalam ruangan atau luar ruangan, semuanya tetap bermanfaat. Melakukan gerakan HIIT seperti squat, burpees, hingga gerakan sederhana lain dapat dilakukan di rumah Anda.
 
(Foto: besthealthmag)

YesDok Ads