Mitos atau Fakta: Tidak Mual Tanda Kehamilan Tidak Sehat

December 18, 2022 | Aqiyu

Tidak Mual Tanda Kehamilan Tidak Sehat

Selama ini gejala kehamilan identik dengan mual dan muntah. Tetapi gejala yang dialami oleh setiap ibu hamil berbeda-beda. Tidak semua ibu hamil mengalami mual atau muntah. Apakah mual selama kehamilan dapat dijadikan sebagai indikator kesehatan? Benarkah atau hanya mitos jika tidak mual merupakan tanda kehamilan yang tidak sehat?

Mual selama hamil terjadi akibat peningkatan hormon yang mendukung kehamilan. Secara medis, mual di awal kehamilan adalah pertanda baik. Artinya, telah terjadi peningkatan hormon yang mendukung perkembangan janin serta plasenta. Tetapi mual bukanlah satu-satu tanda peningkatan hormon. Jadi, bagi ibu hamil yang tidak mengalami mual bukan berarti kehamilan tidak sehat.

Terjadinya peningkatan hormon kehamilan juga berdampak pada organ tubuh lainnya. Saat hormon kehamilan meningkat, misalnya payudara akan terasa lebih kencang dan bisa saja terasa sakit. Serta perubahan pada kulit ibu hamil yang gampang berjerawat dan suasana hati yang sering tidak menentu atau mood swing.

Itulah kenapa ada ibu hamil yang tidak mual karena kondisi tubuhnya cepat beradaptasi dengan hormon kehamilan. Ibu hamil tidak perlu khawatir apalagi hingga stres memikirkan kesehatan kehamilan. Selama rutinlah memeriksakan kondisi kesehatan agar dapat memantau tumbuh kembang si kecil dalam rahim.

Pastikan pula ibu hamil menjaga asupan nutrisi agar menyehatkan kehamilan. Nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah karbohidrat, protein, zat besi, asam folat, serat, lemak dan kalsium. Pastikan segala makanan dan minuman yang dikonsumsi selama kehamilan diolah dan dimasak dengan baik dan matang. Sebab, makanan dan minuman yang masih mentah atau setengah matang dapat membawa bakteri atau kuman masuk kedalam tubuh dan mempengaruhi kehamilan.

YesDok Ads

Usahakan ibu hamil tetap aktif bergerak dan menjalani olahraga. Lakukanlah aktivitas fisik yang low impact dan tergolong ringan. Misalnya berjalan kaki atau senam hamil. Sebelum memutuskan untuk berolahraga, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kandungan terkait dengan kesehatan kehamilan Anda.

Menerapkan pola hidup sehat seperti menghindari merokok dan minum alkohol adalah langkah yang tepat dalam menjaga kesehatan kehamilan. Batasi asupan kafein dari makanan dan minuman yang mengandung zat senyawa tersebut. Serta istirahatlah dengan cukup, tidur minimal 8-9 jam per hari.

Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: parents)

YesDok Ads