0 Point
Mitos atau Fakta: Masturbasi Bisa Bikin Mandul

Mitos atau Fakta: Masturbasi Bisa Bikin Mandul

Masturbasi adalah aktivitas seksual tanpa melakukan penetrasi dan hanya menstimulasi alat kelamin saja. Masturbasi bisa dilakukan oleh pria maupun wanita. Aktivitas seksual ini biasanya dilakukan untuk mencari kesenangan, kenikmatan atau sekadar melepaskan ketegangan. Namun, masturbasi ini juga memiliki efek bagi kesehatan. Tidak sedikit yang mengatakan bahwa mastrubasi bisa bikin mandul. Benarkan begitu?

Beberapa penelitian ada yang mengatakan bahwa menahan ejakulasi 2-3 hari sekali dapat mengoptimalkan kesuburan. Namun, masturbasi tidak menyebabkan kemandulan. Secara umum kemandulan pada pria bisa terjadi karena kurangnya jumlah sperma, pergerakan dan bentuk sperma yang tidak normal. Hal ini dipicu akibat adanya gangguan fungsi testis dan ejakulasi, gangguan hormonal dan kelainan genetik.

Sedangkan kemandulan pada wanita disebabkan oleh masalah pada ovarium, rahim dan tuba falopi. Seperti adanya masalah fungsi ovarium, kerusakan atau penyumbatan tuba falopi, kelainan serviks dan rahim. Selain beberapa faktor tersebut, masalah kesuburan juga meningkat pada orang berusia diatas 35-40 tahun. Serta orang yang memiliki riwayat penggunaan NAPZA, perokok berat, kebiasan minum alkohol, dan memiliki masalah gizi. Berdasarkan hal ini, masturbasi yang terlalu sering dilakukan tidak dapat dikatakan sebagai penyebab kemandulan.

Mengutip dari Insider, masturbasi yang menghasilkan orgasme dapat memberikan manfaat kesehatan seperti peningkatan relaksasi, mengurangi stress dan kecemasan, tidur yang lebih baik hingga meredakan sakit kepala. Bahkan masturbasi dianggap dapat meningkatkan kepuasan seksual. Masturbasi pun termasuk kegiatan seks yang aman karena dilakukan sendiri tanpa pasangan sehingga dapat mengurangi risiko kehamilan atau infeksi menular seksual (IMS)

Jika kesehatan reproduksi  Anda dalam kondisi baik-baik saja, namun belum kunjung dikarunia anak Anda harus segera memeriksakan kesuburan Anda. Bisa jadi ada beberapa masalah kesehatan yang ternyata memengaruhi kesuburan. Pemeriksaan kesuburan ini berlaku untuk suami juga bukan hanya diberatkan pada istri saja. Meski masturbasi tidak membuat Anda mandul, tapi sebaiknya hindari melakukan masturbasi secara berlebihan.

(Foto: mens health)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok