0 Point
Mitos atau Fakta: Makanan Pedas Bisa Memicu Jerawat

Mitos atau Fakta: Makanan Pedas Bisa Memicu Jerawat

Jerawat adalah musuh kulit bagi siapapun. Jerawat di wajah sangat mengganggu penampilan dan membuat seseorang tidak percaya diri. Banyak faktor yang menyebabkan munculnya jerawat. Salah satunya adalah kebiasaan makanan pedas, lalu benarkah atau hanya mitos saja?

Jerawat merupakan kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut tersumbat minyak dan sel kulit mati. Jerawat paling umum terjadi pada remaja dan dewasa. Gejala munculnya jerawat adalah komedo hitam hingga jerawat bernanah atau benjolan besar, dan kemerahan.

Mengonsumsi makanan bercita rasa pedas ternyata dapat memicu timbulnya jerawat. Meski mengonsumsi makanan pedas sangat menggugah selera namun sayangnya dampak yang diberikan seperti Anda mengonsumsi makanan manis yang berlebihan. Makanan pedas yang dikonsumsi terlalu banyak berpotensi meningkatkan kemerahan apalagi pada kulit yang rentan. Makanan pedas juga memicu:

  • Munculnya keringat dan minyak yang berlebihan di wajah sehingga memicu tersumbatnya pori-pori dan cikal bakal jerawat.
  • Dalam makanan pedas terdapat asam likopen yang dapat mengganggu pH kulit.
  • Menyebabkan radang usus yang berpengaruh pada kondisi kulit penderitanya.
  • Makanan peda bisa meningkatkan suhu tubuh, sirkulasi darah dan efek inflamasi.

Anda boleh mengonsumsi makanan pedas namun jumlahnya harus dibatasi. Anda juga perlu menyeimbangkan antara mengonsumsi makanan pedas dan minuman air putih yang cukup. Pastikan juga Anda mengonsumsi buah dan sayuran agar dapat memberikan asupan nutrisi kulit. Serta mencegah ketidakseimbangan minyak serta kadar pH kulit. Usahakan bagi Anda yang sudah mengetahui efek samping makanan pedas untuk benar-benar membersihkan kulit wajah hingga bersih menyeluruh. Untuk memastikan tidak ada kotoran atau bakteri yang menyumbat pori-pori.

Munculnya jerawat banyak faktornya. Bukan berarti pula Anda yang tidak makan pedas terhindar dari jerawat. Jerawat bisa muncul akibat paparan polusi ketika Anda banyak beraktivitas diluar ruangan. Ketika Anda sedang berjerawat pun sebaiknya menghindari mengonsumsi makanan pedas. Tidak mengonsumsi makanan pedas sebenarnya dapat membantu menyembuhkan dari jerawat dengan cepat.

(Foto: masterlife)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok