Mitos atau Fakta: Makan Cokelat Bisa Bikin Warna Kulit Bayi Gelap

March 19, 2022 | Aqiyu

hamil makan cokelat

Mengonsumsi makanan bernutrisi dan gizi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dalam menjaga kesehatan kehamilan, termasuk bayi dalam kandungan. Makanan sangat memengaruhi perkembangan dan pertumbuhan bayi di rahim. Lalu, mitos atau fakta mengonsumsi cokelat selama hamil dapat memengaruhi warna kulit bayi menjadi lebih gelap saat lahir?

Mitos mengenai warna kulit bayi satu ini mungkin jarang terdengar. Namun, nyatanya ada saja yang mengaitkan adanya hubungan antara makan cokelat dengan warna kulit bayi. Kasus seperti ini sebenarnya sama dengan mitos air kelapa yang dipercaya dapat membuat warna kulit bayi putih dan cerah. Warna kulit bayi ditentukan oleh jumlah melanin atau zat pemberi warna kulit dalam tubuh. 

Semakin banyak melanin yang diproduksi, maka pigmentasi kulit bayi pun akan semakin gelap. Jumlah melanin dalam tubuh ini dipengaruhi oleh faktor genetik bukan dari asupan makanan atau minuman selama kehamilan. Bila ibu hamil dan suami memiliki kulit putih maka kemungkinan besar si kecil pun akan memiliki warna kulit putih juga. Jadi, makanan dan minuman apapun yang dikonsumsi oleh ibu hamil tidak dapat menentukan warna kulit bayi saat lahir nanti. Begitu juga dengan kaitan mengonsumsi cokelat dapat membuat kulit warna bayi gelap hanyalah mitos. 

Cokelat memiliki manfaat bagi ibu hamil yakni dapat membantu memperbaiki mood. Meski begitu, ibu hamil tidak dianjurkan mengonsumsi cokelat dalam jumlah yang banyak apalagi berlebihan. Cokelat mengandung kafein, dimana jika dikonsumsi secara berlebihan berisiko mengganggu perkembangan janin dan meningkatkan tekanan darah serta detak jantung ibu hamil.

YesDok Ads

Disamping itu, ibu hamil harus menjaga berat badan agar tetap ideal selama kehamilan. Dengan mengonsumsi cokelat secara berlebihan dapat meningkatkan berat badan secara drastis. Hal ini disebabkan oleh  kadar kalori lemak pada cokleat cukup tinggi. Dan, yang perlu diketahui cokelat juga termasuk makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung. 

Buat ibu hamil yang ingin memakan cokelat diperbolehkan hanya sesekali dalam jumlah yang sedikit yaitu 30 gram sehari atau setara dengan beberapa gigitan saja. Agar lebih aman, ibu hamil bisa memilih cokelat hitam yang lebih rendah gula dan lemak.

(Foto: parenting first cry)

YesDok Ads