Mitos atau Fakta: Bintitan Bisa Menular

September 24, 2022 | Aqiyu

Mitos atau Fakta: Bintitan Bisa Menular

Bintitan merupakan suatu benjolan merah yang menyakitkan. Biasanya terjadi di dekat tepi kelopak mata yang terlihat seperti bisul atau jerawat. Bintitan ini muncul akibat kelenjar kecil yang melapisi kelopak mata tersumbat. Banyak yang mengatakan bahwa bintitan bisa menular melalui kontak mata atau tatapan. Apakah fakta atau hanya sekedar mitos?

Mata bintitan biasanya berisi nanah. Terkadang bintitan dapat terbentuk dibagian dalam kelopak mata. meskipun kadang menyakitkan, mata bintitan merupakan respon atau reaksi inflamasi yang tidak berbahaya terhadap infeksi bakteri. Penyebab mata bintitan salah satunya adalah bakteri staphylococcus yang dapat ditemukan di hidung. Jadi, ketika Anda menggosok hidung lalu menyentuh mata, maka kemungkinan besar dapat menginfeksi dan menyebabkan bintitan. 

Pada umumnya, kondisi mata bintitan tidak dapat menular secara langsung melalui kontak langsung dengan penderitanya. Tetapi bila Anda bersentuhan dan berbagi barang pribadi dengan penderita bintitan seperti handuk atau sarung bantal, bisa saja Anda juga akan mengalami bintitan meski jarang terjadi. 

Mata bintitan dapat terjadi pada siapapun, namun lebih sering dialami oleh anak-anak dibandingkan oleh orang dewasa. Pada kebanyakan kasus, benjolan akan mulai hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Cara mengatasi bintitan  yang pertama adalah jangan dipencet dan sering disentuh. Jagalah kebersihan tangan dan kelopak mata selama mengalami mata bintitan. Dan, untuk membantu agar mata bintitan cepat kempes, Anda bisa melakukan kompres dengan air hangat.

YesDok Ads

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan kantong teh hitam yang paling direkomendasikan untuk mengurangi pembengkakan dan memiliki sifat antibakteri. Gunakan kantong teh hitam bekas diseduh, diamkan selama satu menit dan lalu gunakan untuk mengompres mata. Selama mata masih bengkak, sebaiknya jangan menggunakan riasan dan lensa kontak dalam beberapa waktu. Hal ini untuk menghindari bakteri dari bintil yang dapat menempel di lensa kontak. 

Mata bintitan tidak memerlukan perawatan khusus. Pada beberapa kasus, mata bintitan membutuhkan antibiotik untuk mengobatinya. Jika bintitan dalam beberapa hari tidak menunjukkan perubahan yang baik dan semakin mengganggu penglihatan ada baiknya Anda memeriksakan ke dokter.

(Foto: medical new today)

YesDok Ads