Mitos atau Fakta: Bayi Lahir Cacat Akibat Potong Rambut Saat Hamil

May 28, 2022 | Aqiyu

potong rambut

Setiap ibu ingin anaknya lahir dengan sehat, selamat dan tanpa kekurangan satu apapun. Selama masa kehamilan ibu hamil wajib menjaga kesehatan dan asupan makanan sehat untuk menunjang tumbuh kembang janin dalam kandungan. Bahkan ada beberapa ibu hamil yang mempercayai beberapa mitos larangan demi menjaga agar anak tidak cacat saat lahir. Salah satu mitos yang yang beredar adalah ibu hamil dilarang potong rambut karena bisa membuat bayi lahir cacat.

Faktanya, tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk memotong rambut. Secara medis, antara potong rambut dengan bayi lahir cacat tidak ada kaitannya sama sekali. Karena potong rambut bukanlah Tindakan yang memengaruhi bagian dalam tubuh termasuk kehamilan. Jadi, potong rambut saat hamil masih cukup aman. 

Perubahan kadar hormon selama hamil bisa menimbulkan beberapa keluhan masalah termasuk pada rambut.  Misalnya rambut terlihat kusam, jadi lebih kering dari biasanya dan gampang rontok. Perubahan hormon kehamilan karena meningkatnya metabolisme tubuh juga terkadang membuat ibu hamil mudah kepanasan dan gerah sehingga rambut jadi lepek. Dan, mungkin potong rambut adalah salah satu solusi yang bisa ibu hamil lakukan untuk mengurangi keluhan tersebut dan demi kenyamanan. 

YesDok Ads

Selama kehamilan dalam menjaga kesehatan rambut ibu hamil wajib memperhatikan bahan produk yang digunakan entah saat memotong rambut atau sekadar perawatan rambut. Upaya ini dilakukan untuk menghindari bahaya paparan bahan kimia yang bisa berdampak buruk pada kehamilan. Karena menggunakan produk berbahan kimia dapat terserap melalui kulit kepala. Sebaiknya hindari penggunaan pewarna rambut dan semprotan kimia saat hamil. 

Bila ibu hamil memutuskan untuk memotong rambut atau melakukan perawatan rambut, pilihlah salon yang tidak ramai. Supaya ibu hamil tidak terlalu lelah untuk menunggu antrian berjam-jam sambil duduk hingga risiko jatuh terluka. Selain itu, mengingat saat ini kondisi yang belum kondusif dan pulih dari pandemic Covid-19 memilih salon yang agak sepi dapat mengurangi risiko penularan infeksi Covid-19 yang membahayakan kesehatan.  Ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan protein untuk dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Beberapa makanan yang mengandung tinggi protein adalah telur, susu, kacang, ikan, daging tanpa lemak, makanan laut, buah dan sayuran hijau.

(Foto: knowinsider)

YesDok Ads