0 Point
Minyak zaitun

Minyak Zaitun Extra Virgin Bantu Menurunkan Tekanan Darah Anda

Minyak zaitun selama ini mungkin sudah lazim terdengar di telinga Anda. Tapi apakah Anda pernah mendengar Minyak zaitun extra virgin (EVOO)?

Minyak zaitun extra virgin adalah kualitas tertinggi dari minyak zaitun. Manfaatnya sering dikaitkan dengan kesehatan jantung. Bahkan temuan ini didukung sebuah studi baru yang diterbitkan di jurnal Nutrients.

Ada tiga kualitas utama minyak zaitun  refined, virgin, dan extra virgin. Yang terakhir adalah yang paling sedikit diproses, dan cenderung lebih tinggi dalam senyawa yang disebut polifenol, yang merupakan mikronutrien dengan sifat antioksidan.

Untuk menentukan apakah polifenol benar-benar membuat perbedaan pada tindakan kardiovaskular seperti tekanan darah dan kekakuan arteri, peneliti di Australia merekrut 50 partisipan studi dengan usia rata-rata 38 tahun, dan meminta mereka mengonsumsi 60 mililiter (mL) polifenol EVOO tinggi atau polifenol versi rendah selama tiga minggu. Kemudian, mereka mengambil istirahat dua minggu dan beralih ke EVOO jenis lain selama tiga minggu berikutnya.

Para peneliti menemukan penurunan yang signifikan dalam tekanan darah sistolik angka "teratas" pada pembacaan tekanan darah yang menunjukkan seberapa besar tekanan darah Anda terhadap dinding arteri saat jantung berdetak dengan konsumsi polifenol yang lebih tinggi.

Tekanan darah sistolik dianggap lebih penting ketika melihat faktor risiko penyakit kardiovaskular, terutama untuk orang yang berusia di atas 50 tahun karena jumlahnya cenderung meningkat seiring bertambahnya usia karena arteri Anda menjadi kaku. Semakin rendah angkanya (dalam kisaran yang sehat, tentu saja, antara 90 dan 120 mmHg), maka semakin sehat jantung seseorang.

Kesimpulan peneliti, baik tekanan darah diastolik angka "terbawah" pada pembacaan tekanan darah atau kekakuan arteri yang terpengaruh, tetapi hasil sistolik cukup menjanjikan. Mereka menyatakan bahwa studi ini memberikan bukti bahwa diet yang menyertakan EVOO dapat mencegah penyakit kardiovaskular pada populasi multietnis.

Untuk semua orang, tekanan darah tinggi meningkatkan risiko kondisi dan kejadian serius seperti penyakit jantung dan stroke. Dalam hal mengapa mengonsumsi EVOO (seperti ini) akan meningkatkan tekanan sistolik secara keseluruhan. Para peneliti mencatat bahwa penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa polifenol dapat meningkatkan fungsi endotelium, selaput tipis yang melapisi jantung dan pembuluh darah.

EVOO telah terbukti memiliki banyak manfaat lain yang tak kalah baik. “EVOO adalah lemak sehat yang melakukan segalanya mulai dari meningkatkan kesehatan jantung hingga membuat Anda kenyang lebih lama hingga menyediakan vitamin E dan antioksidan, jadi ini anti-inflamasi ideal bagi Anda,” ahli diet olahraga Joy Dubost menambahkan.

(Foto: timesofindia)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok