Minyak Kelapa untuk Infeksi Jamur, Bisakah?

November 12, 2020 | Claudia

Minyak kelapa

Infeksi jamur umum terjadi di kulit, vagina, mulut, atau di payudara pada ibu menyusui. Infeksi ini dapat menyebabkan rasa gatal dan ketidaknyamanan yang sering kali sulit dihilangkan.

Infeksi jamur kerap kali dapat diatasi dengan berbagai obat-obatan seperti salep yang dijual bebas di pasaran. Atau beberapa orang juga bisa mendatangi dokter untuk memeriksakan kondisi infeksi jamur, sekaligus mendapatkan resep obat untuk mengatasi masalah ini.

Namun, minyak kelapa disebut-sebut juga dapat mengatasi masalah infeksi jamur, benarkah demikian?

Minyak kelapa merupakan minyak lemak yang berasal dari daging buah kelapa yang berwarna putih. Minyak ini memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk:

  • Membantu pencernaan
  • Meningkatkan metabolisme
  • Mengurangi rasa lapar
  • Merawat kulit

Selain itu, beberapa penelitian juga melihat bahwa minyak kelapa memiliki sifat antibakteri, yang mana bisa menjadikan minyak kelapa sebagai pengobatan yang efektif untuk infeksi jamur.

YesDok Ads

Peneliti telah menetapkan bahwa minyak kelapa merupakan antijamur yang efektif. Studi menunjukkan bahwa minyak kelapa bisa digunakan untuk melawan Candida albicans, yakni jenis jamur yang paling sering menyebabkan infeksi.

Satu studi yang diterbitkan di tahun 2015 meneliti, apakah minyak kelapa dapat mengurangi infeksi C. albicans. Dan para peneliti melaporkan bahwa terjadi penurunan sebesar 10 kali lipat kalam kolonisasi pada tikus yang telah diberi minyak kelapa.

Studi lain yang dilakukan di Nigeria dan diterbitkan di tahun 2007 menemukan bahwa, di laboratorium, minyak kelapa secara efektif dapat melawan berbagai spesies jamu. Bahkan peneliti menyimpulkan bahwa minyak kelapa harus digunakan dalam pengobatan infeksi jamur, mengingat munculnya spesies Candida yang kebal terhadap obat.

Selain itu, hasil beberapa penelitian menunjukkan efek positif minyak kelapa dalam pengobatan infeksi jamur. Infeksi jamur bisa terjadi di kulit, mulut, atau di vagina. Meskipun serupa, lokasi infeksi membantu menentukan cara pengobatannya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memeriksakan kondisi Anda dulu ke dokter untuk menentukan, mana pengobatan yang terbaik untuk Anda.

(Foto: hvholistichealth.com)

YesDok Ads