Minyak Kelapa Penyelamat Rambut Rusak

March 19, 2019 | Dina

Rambut adalah mahkota yang harus dirawat setiap pemiliknya. Pasalnya, rambut adalah salah satu hal yang paling menentukan penampilan Anda. Bila rambut Anda rusak, seperti kering, berketombe, ataupun mudah rontok, minyak kelapa adalah salah satu solusinya.

Minyak kelapa merupakan salah satu bahan alami yang sudah terkenal dan memberikan banyak manfaat sejak zaman kerajaan. Namun sayangnya, saat ini penggunaan bahan alami seperti minyak kelapa dianggap sebelah mata oleh masyarakat urban

Padahal dari segi biaya dan cara penggunaan sangatlah terjangkau plus mudah. Siapkan 3-5 sendok makan minyak kelapa ke dalam wadah mangkuk microwave untuk dihangatkan selama 30 detik, agar minyak hangat.

Kali ini YesDok akan mengingatkan kembali, apa saja manfaat dari minyak kelapa untuk kesehata rambut yang bisa Anda dapatkan.

Atasi Ketombe

Ketombe yang kadang membandel ini adalah serpihan kulit yang berasal dari lapisan sel kulit mati di kepala. Ketombe itu biasanya akan diperparah oleh adanya infeksi jamur, eksim, psoriasis, kulit kepala yang sensitif, atau kondisi kulit kepala yang kering.

Beberapa studi menyebutkan bahwa minyak kelapa juga bersifat anti-radang dan antibakteri. Itu sebabnya, minyak kelapa dipercaya bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki masalah ketombe.

Memperbaiki Kesehatan Rambut

Minyak kelapa rupanya juga bisa dijadikan sebagai kondisioner karena kandungan proteinnya yang tinggi. Kemampuannya untuk melembabkan bisa menurunkan risiko kerusakan rambut seperti rambut yang pecah-pecah atau bercabang.

Minyak kelapa juga mengandung trigliserida, molekul lemak yang sifatnya mirip minyak alami yang dikeluarkan oleh kulit untuk menembus batang rambut dan melindunginya dari kerusakan. Manfaatnya untuk pertumbuhan rambut bervariasi, dari sekadar meredakan kerontokan dan kerusakan, hingga benar-benar memicu rambut untuk tumbuh kembali pada bagian kulit kepala di mana folikel rambut menghentikan fungsi alaminya.

YesDok Ads

Memperkuat Rambut

Minyak kelapa bisa menembus folikel rambut dan membuat rambut lebih kuat. Sebuah studi menemukan, rambut yang dirawat dengan minyak kelapa selama 16 minggu lebih sedikit mengalami kerusakan akibat lingkungan (misalnya, paparan sinar UV matahari dan polusi udara) dibanding minyak lainnya, seperti minyak minera

Cara Penggunaan:

Jumlah takaran minyak kelapa tergantung pada panjang dan ketebalan rambut Anda. Jika Anda memiliki rambut panjang, tebal, gunakan 5 jika rambut Anda lebih pendek dan lebih tipis, Anda hanya perlu 3 atau 4.

Setelah itu, fokuskan penggunaan minyak pada bagian tengah dan ujung rambut. Jika Anda terlalu banyak menggunakan minyak kelapa, terutama di dekat kulit kepala, rambut Anda akan tampak lepek bahkan setelah keramas. Ingatlah bahwa rambut juga menghasilkan minyak alami dari kulit kepala.

Setelah diusapkan pada dasar kulit kepala dan selurh rambut secara merata, Anda bisa membungkus rambut dengan topi mandi dari plastik, pembungkus plastik lebar, atau kaus lama. Pilih sesuatu yang tidak mudah copot selama beberapa jam, atau bahkan semalaman selama Anda tidur.

Setelah itu, lepaskan pembungkus rambut, lalu keramaslah. Gunakan sampo favorit Anda (sebaiknya yang berbahan alami agar kesehatan rambut terjaga) untuk membilas minyak kelapa. Cuci dua atau tiga kali hingga rambut tidak lagi terasa berminyak.

Sumber foto: Telegraph

 

YesDok Ads

Related Tags