Minuman yang Tepat bagi Penderita Diabetes

November 16, 2019 | Iman

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), apda tahun 2016 sekitar 1,6 juta kematian disebabkan oleh diabetes. Sementara Pada 2017, 72 juta kasus diabetes ditemukan di India dan jumlahnya diperkirakan akan berlipat ganda menjadi 134 juta pada 2025.

Diabetes merupakan penyakit kronis yang terjadi ketika pankreas tidak dapat memproduksi cukup insulin atau ketika tubuh tidak dapat menggunakan insulin yang dihasilkannya. Jadi, untuk mengelola diabetes, penderita perlu melakukan diet sehat dan disarankan minum minuman rendah kalori.

The American Diabetes Association menyarankan para penderita diabetes untuk kosumsi minuman rendah kalori untuk mencegah lonjakan kadar gula darah. Berikut adalah minuman terbaik untuk penderita diabetes seperti dilansir laman Boldsky.

1. Teh Akar manis

Akar manis atau Liquorice adalah ramuan yang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk menurunkan kadar gula darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ekstrak akar manis diyakini memiliki kemampuan untuk membantu mengurangi kadar gula darah pada penderita diabetes.

2. Air Mineral

Penderita diabetes disarankan harus minum cukup air untuk membantu tubuh menghilangkan kelebihan glukosa melalui urin. Sebuah penelitian mengungkapkan, minum air putih dalam jumlah yang cukup dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Sementara itu, Institute of Medicine merekomendasikan wanita untuk minum 9 gelas dan pria harus minum 13 gelas air sehari.

3. Kopi

Para peneliti menngungkapkan bahwa orang yang minum dua hingga tiga cangkir kopi per hari dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Kopi adalah minuman yang mengandung komponen aktif seperti asam quinic, asam klorogenat, lignan secoisolariciresinol dan trigonelline yang dapat meningkatkan metabolisme glukosa.

4. Air bercitarasa

Air yang dicamour dengan irisan buah jeruk seperti lemon dan jeruk nipis, atau dapat membantu menurunkan kadar gula darah karena memiliki nol kalori. Sebuah studi juga menemukan bahwa menambahkan lidah buaya ke dalam air juga dapat bermanfaat bagi penderita diabetes karena lidah buaya memiliki sifat antidiabetes.

5. Susu

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi produk susu  selama masa remaja dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

(Foto : thehealthy.com)

YesDok Ads