0 Point

Minuman yang Baik Untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes perlu memastikan mereka mengikuti diet yang sehat, tetapi ini tidak hanya merujuk pada makanan. Minuman juga dapat memengaruhi kadar gula darah dalam beberapa cara. 

Ketika seseorang menderita diabetes, tubuh mereka tidak menggunakan insulin dengan benar untuk menarik glukosa, atau gula darah, ke dalam sel untuk energi. Ini dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi dan beberapa komplikasi serius.

Minuman yang mengandung gula bisa memicu pada lonjakan darah atau tiba-tiba kadar glukosa yang tinggi dalam darah. Paku ini bisa berbahaya bagi penderita diabetes.

Beberapa minuman yang baik bagi penderita diabetes

Air putih

Tidak dapat dipungkiri air sudah menjadi sumber terpenting bagi tubuh manusia. Hidrasi yang tepat memengaruhi kesehatan fisik dan mental dan setiap sistem dalam tubuh membutuhkan air.

Teh herbal

Teh herbal adalah cara lain untuk membumbui air. Merebus daun tanaman tertentu dalam air dapat menambah rasa dan manfaat kesehatan.

Akar licorice, misalnya, memberikan rasa yang agak manis tanpa meningkatkan kadar gula darah.

Susu

Terkadang tubuh manusia membutuhkan lebih dari sekedar air. Susu mungkin merupakan pilihan yang baik. Susu sapi, susu kedelai, susu beras, atau susu kacang dapat memberikan kalori, vitamin, dan mineral. Namun, penting untuk memilih susu tanpa gula tambahan.

Seseorang dengan diabetes harus memastikan untuk memeriksa fakta nutrisi dari susu pilihan mereka dan perhatikan berapa banyak karbohidrat dalam satu porsi. Informasi ini penting untuk diketahui apabila ingin menjaga kadar gula darah.

Jus buah murni dalam jumlah sedang

Jus buah murni memang tepat, tetapi karena jus buah memberikan gula dari buah tetapi tidak harus serat juga, penderita diabetes harus mengonsumsi minuman jenis ini dalam jumlah kecil.

Kopi dan teh dalam jumlah sedang

Ada perdebatan tentang asupan kopi untuk penderita diabetes.

Pada tahun 2004, para ilmuwan yang melakukan tinjauan menyimpulkan bahwa konsumsi kopi mungkin memiliki efek jangka pendek yang tidak diinginkan, namun minum kopi jangka panjang menunjukkan beberapa manfaat.

Namun, pada tahun 2017, peneliti lain menyimpulkan bahwa "lima dari tujuh studi menunjukkan asupan kafein meningkatkan kadar glukosa darah dan memperpanjang periode kadar glukosa darah tinggi."

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui bagaimana kafein memengaruhi kadar gula darah.

Selain itu, kopi  juga mengandung krim rasa dan sirup yang mengandung kadar gula tinggi.

(Foto: thelist.com) 

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok