Minuman Ini Bantu Menurunkan Kadar Kolesterol

April 10, 2022 | Iman

jus tomat

Mengatur kolesterol tinggi membutuhkan banyak perhatian khusus. Seseorang harus sangat berhati-hati dengan apa yang mereka makan dan harus selalu waspada terhadap makanan sehat yang dapat mengatur kolesterol.

Kolesterol tinggi adalah tanda peringatan dari beberapa komplikasi kesehatan seperti penyakit kardiovaskular, tekanan darah tinggi, stroke dan juga diabetes.

Karena risiko beberapa komplikasi kesehatan yang hampir fatal, dianjurkan untuk mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Berikut beberapa minuman yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Susu oat

Sesuai studi penelitian, susu oat membantu dalam pengurangan kolesterol yang konsisten. Meskipun gandum membantu dalam mengelola kolesterol, susu gandum ternyata lebih efektif.

Penjelasan lain mengapa gandum berguna untuk pasien kolesterol tinggi, adalah karena mengandung beta-glukan, yang membantu menciptakan zat seperti gel di usus yang selanjutnya berinteraksi dengan empedu dan membatasi penyerapan kolesterol. Satu cangkir susu oat dikatakan mengandung 1,3 gram beta-glukan. Disarankan untuk mengonsumsi 3 gram beta glukan per hari untuk menjaga kolesterol tinggi tetap terkendali.

Teh hijau

Katekin antioksidan yang ada dalam teh hijau diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Satu cangkir teh hijau memiliki lebih dari 50 mg katekin.

Minuman dengan beberapa manfaat kesehatan, teh hijau, diketahui dapat menurunkan kadar lipoprotein densitas rendah dalam kolesterol hingga 16% jika dikonsumsi secara teratur selama 12 minggu. Sebuah studi penelitian berdasarkan hal ini, mengungkapkan bahwa 240 orang yang mengonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak teh hijau dan hitam selama 12 minggu mengalami penurunan kolesterol sebesar 16%.

YesDok Ads

Susu kedelai

Alasan kedelai memiliki kandungan lemak jenuh yang lebih rendah, menjadikannya pilihan makanan yang ideal bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi. Untuk mengelola kolesterol tinggi dan sebagai alternatif yang lebih sehat untuk produk susu tinggi lemak, seseorang dapat beralih ke susu kedelai dan krim.

Jus tomat

Likopen yang ada dalam tomat diketahui dapat meningkatkan kadar lipid dalam tubuh dan menurunkan kadar lipoprotein densitas rendah dalam kolesterol.

Asupan makanan yang tinggi dari produk tomat memiliki efek ateroprotektif, secara signifikan mengurangi kadar kolesterol LDL, dan meningkatkan resistensi LDL terhadap oksidasi pada orang dewasa kolesterolemik normal yang sehat.

Minuman kaya sterol dan stanol

Studi The American Heart Association merekomendasikan untuk mengonsumsi makanan yang diperkaya sterol dan stanol untuk melawan kolesterol tinggi.

Sterol dan stanol adalah senyawa nabati yang secara struktural mirip dengan kolesterol. Untuk menurunkan kolesterol seseorang membutuhkan minimal 2 gram sterol dan stanol setiap hari. Tetapi tanaman tidak memiliki sterol dan stanol dalam jumlah besar.

YesDok Ads