0 Point
Minum Susu Setelah Antibiotik

Minum Susu Setelah Antibiotik, Bolehkah?

Bolehkah minum susu setelah antibiotik? Banyak yang mengatakan minum susu setelah minum obat bisa mengurangi efek samping dari obat. Benarkah demikian?

Obat mengandung zat-zat tertentu yang bisa menimbulkan efek interaksi obat jika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan lain, suplemen makanan, atau bahkan makanan atau minuman tertentu, termasuk susu.

Ada beberapa efek akibat interaksi obat yakni bisa meningkatkan kerja obat atau malah membuat obat jadi tidak maksimal fungsinya, mengurangi efek samping obat atau justru membuat efek samping obat menjadi lebih buruk dan menimbulkan efek samping baru, mengganggu penyerapan, metabolisme, dan pengeluaran obat dari dalam tubuh.

Beda jenis obat, beda pula efek yang akan dihasilkan jika seseorang meminum susu usai mengonsumsi obat.

Beberapa obat mungkin tidak akan memberikan efek negatif jika setelah mengonsumsinya Anda kemudian minum susu, namun, beberapa obat sangat dilarang karena bisa menimbulkan efek berbahaya jika Anda minum susu setelah mengonsumsinya.

Antibiotik merupakan contoh obat yang tidak disarankan untuk dikonsumsi bersamaan dengan susu. Minum susu setelah antibiotik bisa menyebabkan efek yang merugikan, karena kalsium dalam susu dapat mengikat zat aktif dalam antibiotik, sehingga usus tidak bisa menyerap dengan maksimal.

Hasilnya, minum susu setelah antibiotik bisa menyebabkan kerja obat menjadi tidak maksimal, dan sia-sia saja Anda meminum obat jika obat tersebut tidak berfungsi dengan baik dalam melawan penyakit yang menyerang Anda.

Selain antibiotik, obat antikanker dan suplemen zat besi juga tidak disarankan untuk diminum bersamaan dengan susu. Ini karena susu bisa mengganggu kerja kedua obat tersebut, dan membuat fungsi atau kerja obat antikanker dan suplemen zat besi jadi tidak maksimal.

Sementara itu, ada juga beberapa jenis obat yang aman-aman saja meski diminum bersamaan atau berdekatan dengan konsumsi susu. Salah satunya adalah kelompok obat kortikosteroid. Ini karena konsumsi obat-obatan ini dapat meningkatkan pembuangan kalium dan kalsium dalam tubuh, sementara minum susu dapat berfungsi menggantikan kalium dan kalsium yang terbuang akibat konsumsi obat kortikosteroid.

Kelompok obat antiinflamasi nonsteroid juga bisa dikonsumsi bersamaan dengan susu. Ini karena susu berfungsi mencegah efek samping berupa iritasi lambung, mual, dan nyeri perut yang bisa muncul akibat konsumsi obat tersebut.

(Foto: eatthis.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok