Diet
+1

Minum Jus Jeruk saat Sarapan, Apa Manfaatnya?

November 21, 2020 | Claudia

Jus jeruk

Meminum jus buah yang segar, sudah pasti lebih sehat, daripada terus-menerus meminum minuman dalam kemasan atau soda. Jus jeruk menjadi salah satu jus buah yang disukai banyak orang. Rasanya yang segar, manis dan asam, semua terasa baik di dalam mulut.

Banyak orang meminum jus jeruk di saat sarapan. Tapi, mengingat kandungan asam dalam jus jeruk, baikkah hal ini dilakukan?

Nyatanya, meminum jus jeruk di pagi hari sangat baik untuk kesehatan. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam jus jeruk dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang mana sangat dibutuhkan di masa-masa pandemi seperti ini.

Tak hanya vitamin C, jeruk juga kaya akan mineral seperti magnesium, kalium, beta karoten, asam folat, kalsium, dan vitamin B6. Ini membuat jus jeruk memiliki banyak manfaat kesehatan untuk Anda, seperti:

Meningkatkan fungsi pembuluh darah

Jus jeruk memiliki antioksidan yang disebut-sebut dapat membantu peningkatan kesehatan pembuluh darah. Mengonsumsi jus jeruk di pagi hari, dapat membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah berkat kandungan antioksidan yang disebut hesperidin. Hesperidin adalah senyawa flavonoid yang sebagian besar ditemukan dalam buah jeruk, dan ini membantu mencegah kanker dan gangguan neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer.

Tak hanya itu, jus jeruk juga membantu menurunkan risiko seseorang mengalami penyakit jantung. Ini berkat bioflavonoid dan vitamin dalam jus jeruk yang menjadikannya sumber antioksidan tinggi, sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Mencegah peradangan

Untuk mengurangi risiko terjadinya peradangan, Anda juga bisa memanfaatkan jus jeruk. Efek anti-inflamasi yang kuat dalam jus jeruk dapat membantu Anda terhindar dari peradangan. Minumlah jus jeruk tiap sarapan, namun pastikan Anda tidak memberikan tambahan gula ke dalamnya.

Kolagen

Mengingat jus jeruk tinggi vitamin C, maka meminum jus jeruk juga baik untuk produksi kolagen. Vitamin C merupakan bahan utama untuk produksi kolagen. Ini artinya, rutin meminum jus jeruk saat sarapan dapat membantu mengencangkan kulit dan membuat Anda tampak lebih awet muda.

(Foto: goodhousekeeping.com)

YesDok Ads