0 Point
Radang amandel

Minum Es Bisa Sebabkan Radang Amandel?

Radang amandel atau disebut dengan tonsilitis adalah infeksi yang terjadi pada tonsil. Radang amandel disebabkan oleh infeksi bakteri maupun virus. Radang ini gejalanya bervariasi, biasanya ditandai dengan batuk, sakit kepala, nyeri saat menelan, mual, sakit di sekitar leher, pilek, dan juga demam.

Gejala radang amandel karena bakteri berbeda dengan yang disebabkan oleh virus. Jika penyakit amandel tersebut terjadi karena bakteri, biasanya gejala dapat berupa pembengkakan kelenjar getah bening pada bagian tenggorokan, timbul bintik-bintik nanah di sekitar amandel disertai demam. 

Sedangkan penyakit amandel yang disebabkan karena virus, gejalanya cenderung lebih ringan seperti batuk dan pilek. Banyak yang beranggapan bahwa es dapat menyebabkan penyakit amandel ini. Para ahli mengatakan bahwa anggapan bahwa es sebabkan amandel tidaklah salah karena es dapat sebagai pencetus radang amandel sebab bersifat iritatif dan memudahkan masuknya kuman. 

Ada hal-hal yang memudahkan kuman-kuman tersebut masuk yang kemudian menyebabkan penyakit radang amandel, seperti pergantian cuaca, udara yang kotor yang dapat menurunkan kekebalan tubuh serta makanan-makanan tertentu seperti es, es krim, permen dan makanan yang terlalu manis. 

Seseorang yang terkena penyakit radang amandel biasanya mengalami kesulitan dalam menelan dan mengharuskannya menghindari minuman dingin seperti es krim.

Sementara itu pengobatan amandel dapat dilakukan dengan memberikan antibiotik apabila amandel tersebut disebabkan karena bakteri. Selain itu, pemulihan dapat ditunjang dengan istirahat yang cukup serta makan makanan yang lunak. Penderita dapat minum air putih yang banyak serta diberikan obat untuk mengurangi gejala yang ada.

Untuk Pengobatan amandel dengan cara operasi dilakukan apabila seseorang dengan penyakit amandel yang cukup parah dan sering kambuh. 

Sangat disarankan bagi anda untuk selalu mencuci tangan sebelum makan dan setelah dari toilet, menggunakan tisu untuk menutup mulut dan hidung saat batuk atau pilek, serta memakai masker saat berada di tempat umum.

(Foto : pixabay)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok