Diet
+1

Minum Air Lemon Segar untuk Turunkan Berat Badan, Mengapa Tidak?

March 18, 2019 | Claudia

Lemon merupakan salah satu buah-buahan sitrus yang banyak dikonsumsi, terutama saat dicampurkan dengan minuman yang dingin dan segar. Buah lemon dipercaya dapat membantu seseorang menurunkan berat badan mereka. Kebanyakan orang meminum air lemon dalam keadaan hangat untuk dapat mencapai berat badan ideal yang diidamkan. Padahal, air lemon yang dingin juga bisa memberikan efek positif mengenai hal ini.

Selain menurunkan berat badan, lemon juga dapat memberikan manfaat lainnya, seperti meningkatkan konsentrasi, menjaga kelembapan tubuh, menjaga perut tetap kenyang, meningkatkan energy dalam tubuh, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Lalu, bagaimana  air lemon dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan? Mari kita lihat, apa saja yang mampu lemon kerjakan untuk Anda!

Rendah kalori

Saat Anda mencampurkan air dingin dengan air perasan lemon, minuman ini menyajikan kesegaran yang rendah kalori. Sudah tidak diragukan lagi bahwa air putih dingin memiliki nol kalori, sementara satu buah lemon hanya menyediakan sekitar 17 kalori. Saat Anda mencampur keduanya, maka kalori yang disajikan tetap sama. Beda dengan segelas jus jeruk yang memiliki 39 kalori. Maka dari itu, segelas air lemon dingin nampaknya lebih direkomendasikan untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Meningkatkan metabolisme

Air lemon dikenal dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh, dan metabolisme yang baik dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Menurut penelitian, jika tubuh Anda terhidrasi dengan baik, ini dapat meningkatkan fungsi mitokondria. Mitokondria dapat menarik nutrisi dari sel, memecahnya dan mengubahnya menjadi energi, sehingga dapat mengatur metabolisme menjadi lebih baik.

YesDok Ads

Menghilangkan racun

Meminum air lemon dingin dapat membantu Anda menyingkirkan racun dari dalam tubuh, yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja organ tubuh Anda. Air lemon dapat membersihkan tubuh dan membantu Anda mendapatkan berat badan ideal yang Anda inginkan.

Menjaga perut tetap kenyang

Minum air lemon juga sangat baik untuk menjaga perut Anda tetap kenyang. Saat perut Anda kenyang lebih lama, maka ini akan menjauhkan Anda dari keinginan untuk makan secara berlebihan dan ngemil di jam-jam di mana Anda seharusnya sudah berhenti makan.

Sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2018 mengungkapkan, bahwa minum setengah liter air sebelum sarapan pagi, dapat menurunkan jumlah kalori yang dikonsumsi hingga 13 persen. Sementara studi lain juga menemukan bahwa minum air lemon saat makan dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurani rasa lapar. Ini bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk mengurangi asupan kalori saat Anda makan.

(Photo source: cleanfoodcrush.com)

YesDok Ads

Related Tags