Diet
+1

Miliki Tubuh Langsing Dengan Diet Labu Siam

April 15, 2023 | Aqiyu

Diet Labu Siam

Diet adalah pola makan yang diatur secara tertentu dengan tujuan untuk mencapai tujuan kesehatan tertentu, seperti menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, atau mengontrol diabetes. Anda bisa mendapatkan tubuh yang langsing ideal dengan memanfaatkan labu siam.

Diet labu siam adalah jenis diet yang berfokus pada konsumsi labu siam sebagai makanan pokok. Labu siam atau yang dikenal juga sebagai labu jipang atau chayote merupakan sayuran yang rendah kalori dan mengandung banyak serat, vitamin, dan mineral. Diet labu siam dapat membantu menurunkan berat badan, memperbaiki kesehatan pencernaan, meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan risiko penyakit kronis lainnya.

Diet Labu Siam

Panduan untuk menjalankan diet labu siam adalah menjadikan makanan pokok.

Konsumsi labu siam sebagai makanan pokok. Labu siam dapat digunakan sebagai pengganti nasi atau sumber karbohidrat lainnya dalam makanan. Anda dapat membuat sayur labu siam, tumis labu siam, atau makan labu siam sebagai lauk pendamping. Berikut manfaat labu siam untuk diet Anda:

Rendah kalori

Labu siam cocok dijadikan sebagai menu lauk diet karena rendah kalori. Di dalam 160 gr labu siam terdapat hanya 38 kalori dan 8 gr karbohidrat. Labu siam rendah kalori karena mengandung air cukup tinggi yakni sekitar 93% dari berat labu siam itu sendiri.

Melancarkan pencernaan

Memperbanyak makan labu siam saat diet dapat meningkatkan fungsi pencernaan lebih maksimal. Hal ini terjadi karena labu siam mengandung senyawa flavonoid yang dapat membantu enzim pencernaan saat proses ekskresi di saluran cerna.

Kaya antioksidan

Labu siam mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan. Seperti kita ketahui bahwa antioksidan merupakan zat yang dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas pemicu pertumbuhan sel kanker.

Mengontrol gula darah

Labu siam tidak mengandung karbohidrat dalam jumlah yang banyak. Tetapi memiliki serat larut yang dapat membantu mengatur kadar gula dalam darah. Bahkan sebuah penelitian mengatakan bahwa kandungan senyawa pada labu siam dapat meningkatkan sensitivitas  terhadap insulin. Inilah yang mempengaruhi aktivitas enzim yang berhubungan untuk mengendalikan gula darah.

Tidak mengandung lemak

Labu siam adalah salah satu jenis sayuran yang rendah kalori karena tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh. Inilah kenapa labu siam sering disarankan sebagai menu sehat bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan. 
(foto: times of india)

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads