Merebus Sayuran Akan Menghilangkan Vitaminnya, Benarkah?

May 07, 2022 | Aqiyu

Merebus sayuran

Sayuran sangat baik dikonsumsi setiap hari. Kandungan sayuran mengandung nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, cara mengolah sayuran yang kurang tepat dapat menghilangkan kandungan vitamin dalam sayuran. Benarkah merebus sayuran terlebih dahulu dapat menghilangkan vitamin pada sayur? Lalu bagaimana cara mengolah sayur agar kandungan gizinya tetap terjaga?

Merebus sayuran yang kaya akan vitamin B kompleks dan C dapat menghilangkan manfaatnya hingga 50 persen. Karena kedua vitamin tersebut merupakan vitamin larut air sehingga proses masak yang yang terlalu lama bisa mengurangi kandungan vitamin tersebut. Proses memasak yang lama juga menyebabkan paparan terhadap proses oksidatif dan panas lebih lama. Kondisi tersebut membuat beta-karoten pada sayuran hilang lebih banyak.

Perlu diketahui bahwa proses pengolahan sayuran terhitung dari Anda mulai membersihkan sayuran. Pastikan Anda memotongnya dengan ukuran yang sama, jangan terlalu tipis dan tebal agar matangnya lebih merata. 

Hingga saat ini belum ada patokan yang waktu yang tepat untuk merebus sayuran. Namun, sudah dipastikan merebus sayuran terlalu lama bisa menghilangkan kandungan vitamin dan mineral pada sayuran. Sehingga disarankan untuk mengolah sayuran dengan cara dikukus, ditumis atau dipanggang. 

Mengukus

Mengukus sayuran dianggap cara paling baik untuk mengolah sayuran yang mengandung vitamin larut air. Dengan mengukus maka tidak banyak vitamin B dan C yang turut larut dan tidak dapat membuat sayuran gosong. Teknik mengukus ini cocok untuk digunakan untuk memasak wortel, kembang kol dan sayuran hijau lainnya.

YesDok Ads

Memanggang

Bukan terdengar asing ditelinga sayuran diolah dengan cara dipanggang. Ya, bukan hanya daging, sayuran juga bisa diolah dengan cara dipanggang. Memanggang sayuran diatas bara api bisa mempertahankan rasa, warna dan bentuk sayuran. Cara mengolah ini cocok untuk jenis sayuran seperti bawang bombay, buncis, wortel, labu dan asparagus.

Menumis

Bagi Anda yang tidak menyukai sayuran mungkin bisa mencoba cara satu ini. Dengan menumis, sayuran akan terasa lebih gurih dan nikmat. Tidak kalah dengan cara memanggang, sayuran yang ditumis juga dapat mempertahankan kandungan gizi, rasa, warna dan bentuk sayuran. 

(Foto: hy-vee)

YesDok Ads