Merasakan Sakit saat Berkedip? Mungkin Ini Penyebabnya

July 07, 2021 | Claudia

Sakit Mata

Ada berbagai alasan yang bisa menyebabkan rasa sakit di mata saat berkedip. Beberapa mungkin tidak serius, namun beberapa lainnya mungkin memerlukan perawatan medis. Sakit mata saat berkedip dapat terjadi di seluruh area mata atau hanya di area-area tertentu, seperti sudut mata atau kelopak mata.

Biasanya kotoran seperti debu atau pasir dapat tersangkut di mata dan menyebabkan rasa sakit saat berkedip. Namun, ada juga beberapa penyebab lainnya seperti:

Cedera

Mata relatif rentan terhadap kerusakan. Trauma atau serpihan akut dapat melukai mata, atau rongga mata, dan menyebabkan rasa sakit saat berkedip. Goresan pada permukaan mata (kornea) adalah jenis cedera umum yang dapat dengan mudah terjadi ketika kita mengucek atau menggosok dan menyentuh mata. Mata juga bisa mengalami luka bakar karena terlalu banyak terpapar sinar ultraviolet dari matahari atau adanya kontak dengan zat tertentu seperti deterjen atau semprotan merica.

Konjungtivitis

Konjungtivitis mengacu pada peradangan di selaput bening yang menyelimuti permukaan mata. Pembuluh darah bisa menjadi bengkak, membuat bagian putih mata menjadi berwarna merah dan perih. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi atau alergi, seperti demam atau alergi hewan peliharaan. Konjungtivitis juga bisa disebabkan oleh infeksi yang menular.

YesDok Ads

Bintitan

Bintitan adalah kondisi ketika folikel bulu mata atau kelenjar minyak di kelopak mata terinfeksi. Ini menyebabkan pembengkakan pada kelopak mata, yang dapat menyebabkan rasa sakit saat berkedip. Bakteri penyebab bintitan bisa menular kepada orang lain. Kebanyakan bintitan disebabkan oleh bakteri seperti Staphylococcus aureus yang dapat menyebar ke orang lain melalui kontak erat.

Infeksi saluran air mata

Saluran air mata dapat terinfeksi oleh bakteri jika tersumbat, misalnya akibat kotoran mata. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit di sudu mata saat berkedip.

(Foto: prevention.com)

YesDok Ads