Merasakan Nyeri di Dada, Perhatikan Hal ini

February 06, 2020 | Iman

Nyeri dada

Nyeri dada adalah masalah kesehatan yang umum, masih, itu menakutkan mungkin karena sebagian besar waktu kita menghubungkannya dengan masalah jantung. Saat kita mulai merasakan sakit yang tajam di dada, kita semua mulai panik dan langsung menganggapnya sebagai situasi darurat. Tapi tahukah Anda bahwa nyeri dada tidak selalu terkait dengan masalah jantung?

 
Dilansir Times of India, masalah nyeri pada dada bisa terjadi sebelum siklus menstruasi bulanan atau setelah mengangkat sesuatu yang berat. Masalah ini juga merupakan gejala serangan panik atau kecemasan. Berikut adalah 5 cara mudah untuk mengetahui apakah nyeri dada Anda disebabkan oleh masalah fisik atau masalah mental.

 
1. Nyeri Disertai Panik

Nyeri dada, disertai dengan kepanikan yang luar biasa sering disebabkan oleh masalah mental. Serangan panik atau kecemasan yang dipicu oleh beberapa peristiwa kebelakang dapat menghasilkan sensasi nyeri dada. Beberapa orang mengeluhkan rasa nyeri pada dada disertai kecemasan, setah diteliti ternyata bukan nyeri pada masalah jantung.


2. Nyeri Diiringi Berkeringat

Ketika seseorang menderita masalah nyeri dada karena masalah mental mereka juga mengalami gejala lain dari serangan panik seperti keringat berlebih, gemetar, sesak napas, ketidaknyamanan perut, merasa mual, mati rasa, kesemutan, sensasi dan kehilangan kendali atas tubuh mereka. Anda tidak perlu mengkhawatirkan gejala jantung jika nyeri dada Anda disertai hal ini.

 
3. Nyeri Dada Sesaat

YesDok Ads

Nyeri dada disebabkan karena serangan panik tidak berlangsung lebih dari 10 menit. Rasa sakit berkembang dengan cepat dan menghilang setelah beberapa menit. Dalam kasus serangan jantung, rasa sakit datang perlahan, bertahap meningkat pada waktu yang lama.


4. Nyeri Dada dan Rasa Cemas

Rasa sakit akibat kecemasan bukan masalah jantung. Tetapi dalam kasus serangan jantung, itu dimulai dari jantung dan setelah beberapa waktu Anda mungkin mulai merasakannya di berbagai bagian tubuh seperti rahang, bahu dan lengan.

 
5. Letak Nyeri di Dada

Jantung manusia terletak di sisi kiri bagian dada. Jika Anda nyeri di bagian kiri, itu bisa jadi masalah jantung. Dalam beberapa kasus, Anda mungkin merasakan sakit di bagian tengah dada dan itu bisa karena serangan panik atau kecemasan.

 
Sebagian besar nyeri dada akibat serangan panik atau kecemasan adalah normal dan tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Tapi tetap saja, kadang-kadang orang mungkin bingung antara rasa sakit karena masalah fisik dan masalah mental. Jadi, yang terbaik adalah sedini mungkin mendiagnosis rasa sakit di dada Anda. 

(Foto: heart.org)

YesDok Ads