Merasa Tak Cukup Waktu untuk Olahraga, Ini Cara Menghemat Waktu Seharian

March 15, 2020 | Iman

Memperlihatkan waktu

Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Sayangnya mereka juga terkadang mengeluhkan sulitnya membagi waktu untuk olahraga. Ada saja halangan yang membuat mereka terpaksa melewatkan menit berharga untuk sehat yang prima.

Kehilangan 60 menit waktu olahraga tentu tidak terlalu berdampak signifikan bagi Anda. Namun jika itu uterus menerus berlangsung rutin, dapat merusak kesehatan Anda. Berikut beberapa cara agar Anda rutin memiliki waktu luang untuk berolahraga.

1. Sibukan Diri Sebelumnya

Istirahat malam yang baik selama akhir pekan sangat penting bagi jam tubuh Anda untuk beralih ke jadwal hari kerja yang baru. Sebagai permulaan, coba olahraga pada hari Sabtu karena olahraga akan secara signifikan meningkatkan kualitas tunda Anda. Seorang pelari yang juga spesialis tidur Michael Breus juga merekomendasikan agar seseorang mengurangi konsumsi alkohol dan kafein pada akhir pekan. “Alkohol dan kafein dapat menyulitkan Anda. Batasi konsumsi kafein hingga pukul 14.00 di hari Sabtu untuk memasuki tahap tidur yang lebih dalam,” kata Breus.

2. Jadwalkan Waktu Tidur

Biasakan bergegaslah tidur 30 menit lebih awal pada malam hari. Tak masalah menambah 30 menit ekstra tidur di akhir pekan membantu diri jauh dari lelah jika ingin kembali bekerja hari Senin. Breus mengatakan, “Diperlukan jam sirkadian dalam tubuh sekitar satu hari untuk membiasakan diri dengan perubahan.”

3. Beraktivitas Normal, dan Patuhi Jadwal

YesDok Ads

Patuhi jadwal olahraga di hari kerja, begitu dan lakukan terus menerus. Jika Anda biasanya berlari pada pukul 5:30 pagi di hari Selasa, lakukan terus dan konsisten. Hal ini membantu Anda menuju ke jadwal selanjutnya yang lebih ringat.

Breus memperingatkan bahwa Anda mungkin masih merasa sedikit pusing untuk pertama kali, namun akan ringan setelah dijalani berulang. Jika Anda merasa sangat sulit bangun terlalu pagi untuk olahraga, coba memulai saat matahari telah terbit dan rasakan sinarnya. "Ketika cahaya mengenai saraf optik, itu memberitahu otak Anda untuk berhenti memproduksi melatonin," kata Breus.

Menurut penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Neuron, tubuh manusia menghasilkan hormon melatonin untuk memicu tidur. Mengekspos tubuh Anda dengan cahaya matahari akan menghalangi produksinya membantu Anda merasa lebih terjaga dan siap berolahraga. 

4. Pasang Alarm Ganda

Trik lama namun diyakini tetap ampuh dan efektif adalah memanfaatkan alarm. Pasang alarm pada jam kamar dan telepon seluler Anda agar dapat bangun pagi tepat waktu.

“Kuncinya adalah bangun dan keluar dari pintu. Jika Anda melakukan itu, setelah beberapa hari jadwal Anda akan kembali normal,” Breus menambahkan.

(Foto: hicomsumption)

YesDok Ads