0 Point
Sakit Punggung

Merasa Jompo karena Sering Sakit Punggung? Lakukan Ini!

Siapa yang sudah sering mengalami sakit punggung? Nyatanya, sakit punggung memang menjadi masalah umum, yang tidak hanya dialami oleh orang-orang lanjut usia. Saat ini, banyak orang dewasa muda bahkan juga sudah mengeluhkan sakit punggung akibat aktivitas di depan komputer atau laptop seharian.

Tak hanya itu, sakit punggung juga dapat terjadi karena sejumlah alasan yang meliputi stres, diet yang salah, kurang olahraga, ketegangan otot, postur tubuh yang buruk, berat badan berlebih, dan kerja fisik yang sulit.

Ada beberapa gejala yang muncul seiring dengan sakit punggung, seperti sakit kronis pada punggung bagian bawah atau sekitar pinggul, kesulitan tidur di tempat tidur, dan ketidakmampuan untuk berdiri atau duduk dalam jangka waktu yang lama. 

Ada baiknya, Anda tidak membiarkan sakit punggung yang Anda alami. Ada beberapa pengobatan alami yang bisa membantu meredakan sakit punggung. Namun, jika sakit terlalu parah dan tidak mau sembuh, maka pengobatan medis dengan dokter sangat disarankan.

Berikut beberapa pengobatan alami yang bisa membantu redakan sakit punggung:

Kompres panas dan dingin

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Diagnostic Research menunjukkan keampuhan kompres panas dan dingin dalam mengobati nyeri punggung. Kompres dingin seperti kompres es bermanfaat ketika Anda punggung terasa tegang. Ini memberikan efek mati rasa pada sakit punggung. Sementara itu, kompres panas dinilai dapat mengurangi kekakuan di otot dan pegal-pegal. 

Jika akan menggunakan kompres es, jangan menerapkannya selama lebih dari 20 menit. Anda dapat menggunakan kompres panas atau dingin sebanyak mungkin sepanjang hari tergantung dari rasa sakit yang Anda alami.

Minyak kelapa murni

Memijat punggung dengan minyak kelapa murni mungkin dapat membantu redakan nyeri atau sakit di punggung. Minyak kelapa murni memiliki sifat anti-inflamasi, analgesik, dan antipiretik, sehingga dapat mengobati semua jenis sakit punggung.

  • Oleskan beberapa tetes minyak kelapa murni di area punggung yang sakit dan pijat selama 10 menit.
  • Ulangi pengobatan ini tiga kali sehari.

Bawang putih

Sifat anti-inflamasi yang dimiliki bawang putih dapat membantu meredakan sakit punggung. Bawang putih juga mengandung senyawa alami yang disebut allicin, ini berfungsi sebagai obat penghilang rasa sakit. Makan dua sampai tiga siung bawang putih setiap hari di pagi hari dalam keadaan perut yang kosong untuk membantu mengurangi sakit punggung.

(Foto: deepheat.com.au)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok