Menurut Penelitian, Yoga Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

August 14, 2022 | Iman

Yoga Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Mungkin banyak yang tidak mengira kalau berlatih yoga selain bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang juga bisa meringankan tekanan darah tinggi. 

Kabar baik untuk mereka yang menderita hipertensi ini bukan isapan jempol belaka karena disampaikan oleh seorang peneliti dari fakultas kedokteran University of Duisburg-Essen, Jerman, Holger Cramer.

Hasil penelitiannya yang sudah diterbitkan di American Journal of Hypertension itu mengungkapkan sebuah fakta bahwa para penderita hipertensi diketahui mengalami penurunan tekanan darah setelah melakukan yoga dengan rutin. 

Dari 452 pasien yang menderita hipertensi dilibatkan dalam penelitian tersebut, sebagian diminta untuk cuma melakukan terapi hipertensi untuk menurunkan tekanan darahnya.

YesDok Ads

Sedangkan sebagian peserta lainnya diminta untuk rutin melakukan yoga selama 8 minggu. Hasilnya sungguh mencengangkan karena diketahui mereka yang rutin melakukan yoga mengalami penurunan tekanan darah diastole dan sistole lebih banyak ketimbang mereka yang cuma melakukan terapi hipertensi. Angka rata-ratanya adalah lebih rendah sampai 7 mmHg untuk diastole dan 10 mmHg untuk sistole.

Sebelum terungkapnya hasil penelitian ini, sudah ada beberapa hasil penelitian yang menyebutkan hubungan yoga dengan penyembuhan berbagai penyakit lainnya seperti asma, jantung, skizofrenia, gejala menopause, penyakit kardiovaskular, depresi, kanker payudara, dan nyeri punggung.

Melihat banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari rutin melakukan yoga, tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk rutin melakukan yoga. Tapi ingat, lakukan yoga dengan benar dan usahakan untuk selalu didampingi oleh ahlinya agar aman dan manfaat yang kita dapatkan bisa lebih maksimal.

(Foto: Prevention)

YesDok Ads