Menular, Begini Cara Mencegah Kudis Pada Anak

August 13, 2022 | Aqiyu

Menular, Begini Cara Mencegah Kudis Pada Anak

Kulit anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Kulit anak-anak terbilang masih sensitif dan rentan mengalami masalah kulit seperti kudis. Para orang tua yang mendapati si kecil mengalami kudis tidak boleh dibiarkan karena kudis menular. Namun khawatir, karena YesDok punya cara mudah untuk mencegah kudis pada anak.

Melansir IDAI, kudis atau scabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu kecil atau tungau sarcoptes scabiei. Biasanya jenis kutu ini banyak ditemui pada sprei, pakaian atau binatang yang mengalami kudis. Gejala kudis pada anak bisa dilihat dari bentol-bentol yang muncul di kulit dan bahkan kulit terasa sangat gatal. 

Kudis paling sering muncul pada bagian kulit yang tipis seperti sela-sela jari, lipatan kulit, pergelangan tangan, siku, dan lutut. Selain itu, juga bisa muncul di ketiak, pinggang, kemaluan, bokong dan lipatan paha. Kudis bisa dikenali dengan ciri seperti terowongan putih di kulit sekitar bentol. Bentol ini tidak boleh digaruk karena dapat membuat kulit lecet dan bernanah akibat infeksi bakteri.

YesDok Ads

Kudis tergolong penyakit yang menular. Penularan kudis ini bisa melalui kontak erat kulit ke kulit seperti tidur Bersama anggota keluarga. Jika ada anggota keluarga yang mengalami kudis sebaiknya segera diobati agar tidak meluas dan menular. Kudis sendiri tidak dapat sembuh sendiri jika tidak diobati.

Kudis yang dialami anak-anak dengan sistem kekebalan tubuh yang baik tidaklah berbahaya. Namun beda cerita jika kudis dialami oleh anak yang kekebalan imunitasnya menurun seperti pengidap kanker, HIV atau penyakit kronik lainnya. Penyakit kudis yang terbilang penyakit ringan ini menjadi berat. Agar si kecil dan keluarga lainnya tidak mengalami kudis ini, mom bisa mencegahnya dengan cara sebagai berikut:

  • Mencuci sprei, pakaian dan lainnya harus menggunakan air panas, dijemur di matahari dan disetrika.
  • Sebelum dicuci sebaiknya pakaian disimpan dulu selama lebih kurang 3 hari dalam kantong plastik agar kutu mati terlebih dahulu.
  • Menghindari kontak dengan keluarga yang terkena kudis
  • Memastikan si kecil menjaga kebersihan tubuhnya.

(Foto: baby center)

YesDok Ads