0 Point
Olahraga

Menjaga Tulang Kuat Selama Musim Dingin

Belahan dunia kini sedang mengalami musim dingin atau penghujan. Kebanyakan orang menganggap ini sebagai perubahan yang disambut baik setelah musim panas yang panjang, tetapi ini bisa menjadi musim yang sulit bagi orang yang mengalami nyeri sendi.

Musim dingin adalah waktu ketika banyak orang mengeluh bahwa persendian mereka lebih sakit dari biasanya dan mereka yang menderita radang sendi mengatakan bahwa mereka mengalami lebih banyak rasa sakit. Lantas, mengapa demikian?

Satu penjelasan yang mungkin terkait adalah penurunan tekanan atmosfer selama musim dingin. Hal ini dapat menyebabkan perubahan tekanan udara pada persendian, yang pada gilirannya dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada persendian atau dorongan pada saraf yang menyebabkan peningkatan nyeri yang ada.

Temperatur yang rendah juga dapat menyebabkan cairan di dalam sendi menebal yang dapat menyebabkan kekakuan. Suhu yang lebih dingin dapat menyebabkan reseptor rasa sakit menjadi lebih sensitif dan menyebabkan orang merasa lebih sakit.

Faktor lain yang perlu dipertimbangkan adalah bahwa beberapa orang cenderung kurang bergerak selama musim dingin, memilih untuk santai dan tinggal di dalam ruangan dan menjalani kehidupan yang lebih tidak banyak bergerak. Kurangnya aktivitas ini dapat menyebabkan persendian menjadi kaku dan karenanya nyeri.

Tentu ada cara agar sendi Anda tetap sehat sebagai mana mestinya. Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan saat musim dingin tiba.

Tetap Aktif

Tetap aktif secara fisik dan berolahraga secara teratur adalah kuncinya. Kebiasaan sehat ini membantu meningkatkan sirkulasi darah dan membuat Anda tetap hangat. Olahraga juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dan otot serta mengurangi kekakuan pada persendian.

Pilih latihan yang ringan hingga sedang pada persendian yang tidak terlalu menekan tulang. Peregangan teratur membantu meredakan sakit dan nyeri. Pilates mampu memperbaiki postur tubuh sekaligus memperkuat otot, latihan berbasis kolam renang juga mengurangi tekanan pada persendian sekaligus tetap efektif.

Cek Pola Makan

Makan makanan sehat yang menyediakan kalsium dan vitamin D dalam jumlah yang cukup. Produk susu, almond, kedelai adalah sumber kalsium yang baik. Susu juga merupakan sumber vitamin D yang baik bersama dengan telur, sereal, dan makanan yang diperkaya.

Pakaian yang Tepat

Kenakan pakaian berlapis-lapis agar Anda tetap hangat. Panas juga dapat membantu mengendurkan otot, jadi gunakan bantal pemanas atau kompres hangat pada persendian atau otot yang nyeri.

Tidur Cukup

Tidur dan istirahat yang cukup memainkan peranan penting dalam sendi kesehatan manusia. Lakukan yang terbaik agar diri tetap bersikap positif dan ceria. Suhu rendah sering kali dapat membuat orang merasa murung atau sedih yang dapat memengaruhi persepsi seseorang tentang nyeri.

Jika Anda menderita radang sendi seperti rheumatoid arthritis dan ankylosing spondylitis, maka pilihannya adalah agar tidak semakin buruk di musim hujan. Berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi YesDok adalah pilihan yang tepat agar segera mendapatkan perawatan yang tepat.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok