Mengurangi Nyeri Persalinan dengan Teknik Pernapasan Pant-Pant Blow

January 02, 2021 | Aqiyu

mel

Menjelang persalinan, ibu hamil tentu harus mempersiapkan banyak hal. Mulai dari mental, kesiapan jasmani dan rohani, hingga membekali diri dengan berbagai ilmu mengenai persalinan. Salah satunya adalah teknik pernapasan, dimana pernapasan merupakan kunci sukses melahirkan.

Teknik pernapasan bukan hanya berguna untuk memperlancar persalinan. Tetapi juga untuk mengurangi nyeri saat kontraksi persalinan semakin sering terjadi. Teknik pernapasan yang bisa Anda terapkan untuk membantu mengurangi rasa nyeri adalah pant-pant blow. Caranya, Tarik napas dalam-dalam melalui hidung, lalu keluarkan dengan dua kali hembusan pendek napas dan diakhiri dengan hembusan napas yang panjang melalui mulut.

Teknik pernapasan yang tepat dapat memaksimalkan pasokan oksigen  untuk ibu hamil dan janin, merelaksasi otot-otot, dan membuat pikiran lebih tenang. Pasalnya, ibu hamil yang dilanda rasa cemas dan panic yang berlebihan saat persalinan bisa menyebabkan hiperventilasi. Kondisi ini ditandai dengan bernapas terlalu cepat dan membuat karbondioksida dalam tubuh menurun. Jika terjadi, ibu hamil bisa saja merasa pusing dan bahkan kehilangan kesadaran atau pingsan. Bila aliran oksigen ke bayi sulit makan bisa berdampak buruk ke jantung bayi.

YesDok Ads

Napas yang tidak teratur pun dapat membuat otot-otot tubuh menjadi kaku sehingga nyeri akan lebih terasa. Hal tersebut dapat membuat persalinan berjalan lambat dan berisiko mmebuat bayi sulit turun kea rah jalan lahir karena panggul tegang. Artinya, cara mengatur napas saat melahirkan dapat membuat Anda lebih mudah untuk mengendalikan rasa sakit.

Disamping itu, proses melahirkan secara normal membutuhkan ekstra tenaga. Dengan Anda mampu mengatur pernapasan dengan baik selama persalinan hal ini dapat membantu Anda untuk menghemat energi sampai si kecil lahir ke dunia. Selama porses persalinan berlangsung, Anda juga bisa memberikan afirmasi positif untuk diri sendiri.

(Foto: keep vitality)

YesDok Ads