0 Point
sentuhan fisik

Menghilangkan Stres Melalui Sentuhan Fisik

Aktivitas yang padat dan pekerjaan yang menumpuk dapat dengan mudah membuat seseorang dilanda stres. Meski pada dasarnya stres merupakan cara tubuh untuk melindungi diri dari bahaya dan membuat seseorang tetap fokus. Namun, jika tidak diatasi stres dapat meningkat dan berdampak buruk pada kesehatan salah satunya adalah gangguan jiwa.

Apalagi di zaman serba modern seperti ini, orang dapat dengan mudah mendapatkan informasi dan memengaruhi pikirannya. Selain itu, semakin canggih teknologi membuat orang lebih banyak berinteraksi melalui digital dan bertemu. Padahal sentuhan fisik berdampak positif pada mental seseorang yang mengalami stres. Dengan kata lain, stress dapat dihilangkan melalui sentuhan fisik.

Mengutip dari Kemenkes, sebuah penelitian menemukan orang bisa mendeteksi emosi tertentu seperti cinta, kemarahan, rasa terima kasih dan jijik lewat sentuhan. Sentuhan positif dapat mengurangi agresi dan meningkatkan tingkah laku yang sosial serta membentuk dan menjaga ikatan emosional. Adapun sentuhan fisik yang dapat mengatasi stres diantaranya:

Pijatan

Banyak orang yang memilih untuk pijat saat tubuh terasa letih dan saat otot terasa tegang. Sensasi relaksasi dari pijatan ini juga dapat mengatasi stres. Sebuah penelitian di pusat medis Universitas Duke menemukan bahwa pijat antara lain untuk mengurangi sakit dan meningkatkan mobilitas pada pasien artritis di lutut.

Bahkan sentuhan skin to skin ini mampu melepaskan oksitosin hormon yang dapat mengurangi stres. Sehingga metode sentuhan kulit ke kulit ini bukan hanya membantu menghilangkan stress tetapi juga bermanfaat bagi bayi prematur dan membantu membangun kedekatan ibu dan anak pada bayi baru lahir.

Pelukan

Sebuah studi menemukan fakta bawah orang dewasa yang tidak pernah kontak fisik seperti berpelukan dengan orang lain cenderung mengalami darah tinggi dan detak jantung yang lebih cepat. Hal ini pun berlaku dengan memeluk boneka yang mampu menekan kadar stres. Menurut American Psychosomatic Society, berpelukan selama 10 menit dengan pasangan dapat menghilangkan stres. Ditandai dengan menurunnya detak jantung dan menyelaraskannya dengan gelombang otak serta menurunkan tekanan darah hanya dengan bersentuhan.

(Foto: unsplash)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2021 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok