Menggunakan Kacamata Hitam Secara Rutin Bisa Berbahaya untuk Mata

November 07, 2019 | Helmi

Kacamata hitam disebut-sebut dapat melindungi mata dari radiasi UV, namun memakainya sepanjang waktu secara mengejutkan justru menyebabkan lebih banyak kerusakan pada mata. 

Sejumlah bukti menunjukkan bahwa paparan sinar matahari juga dapat bermanfaat bagi penglihatan, namun, sinar UV yang intens yang menyerang mata untuk periode waktu yang lebih lama harus dihindari, kata Dr. Joseph Michael Mercola.

Sinar matahari sebenarnya bisa menyehatkan mata. Tetapi, untuk contoh seperti cahaya yang dipantulkan dari kaca depan mobil atau di kendaraan pada hari yang cerah, memakai kacamata hitam dapat bermanfaat, seperti yang dikatakan oleh Dr. C. Stephen Foster, seorang profesor oftalmologi di Harvard Medical School.

Foster mengatakan itu karena itu seperti mengambil sinar ultraviolet dalam dosis ganda. "Anda mendapatkan paparan langsung dari matahari dan paparan kedua dari cahaya yang dipantulkan."

Panduan terbaik dalam memilih kacamata hitam adalah kapasitasnya untuk memblokir sinar UVB dan UVA hingga 99 hingga 100 persen.

YesDok Ads

Mercola menyarankan agar Anda mulai mempertimbangkan untuk tidak menggunakan kacamata hitam secara teratur karena alasan lain. Memakai kacamata hitam secara rutin menghalangi mata untuk menyerap cahaya yang dibutuhkan yang penting untuk ritme sirkadian tubuh agar berfungsi dengan baik.

Ritme sirkadian adalah jam utama tubuh, dan cukup banyak cahaya alami penting untuk sinkronisasi. Jam ini terdiri dari kelompok-kelompok sel di otak yang dikenal sebagai inti suprachiasmatic, yang beroperasi secara bersamaan sebagai siklus gelap-terang di sekitarnya.

Kelompok inti ini sangat tergantung pada cahaya yang mengenai fotoreseptor di mata. Jam biologis lain di dalam tubuh juga bekerja dalam sinkronisasi dengan jam master.

Misalnya, ketika ritme ini bermasalah, tubuh tidak akan berfungsi dengan baik. "Suasana hati dan tidur Anda khususnya akan cenderung menderita, dan depresi dan insomnia dapat menjadi masalah," kata Dr. Mercola.

(Foto: specsavers)

YesDok Ads