Mengenal Terapi Okupasi dan Siapa yang Memerlukannya

May 23, 2022 | Helmi

terapi okupasi

Terapi okupasi ini biasanya dilakukan untuk membantu jika Anda mengalami rasa sakit, cedera, penyakit, atau kecacatan yang membuat Anda sulit melakukan pekerjaan atau tugas sekolah, merawat diri sendiri, menyelesaikan pekerjaan rumah, berpindah-pindah, atau kesulitan melakukan kegiatan sehari-hari.

Terapi okupasi mengajarkan Anda tentang bagaimana beradaptasi. Ini dapat membantu Anda melakukan segala jenis tugas di sekolah, kantor, atau di rumah Anda. Anda akan belajar cara menggunakan alat bantu, jika Anda membutuhkannya.

Ini dapat membantu Anda melakukan hal-hal tertentu seperti: Makan tanpa bantuan orang lain, ikut serta dalam kegiatan rekreasi, melakukan pekerjaan kantor, mandi dan berpakaian, mencuci atau membersihkan sekitar rumah.

Terapi okupasi biasanya akan dibantu oleh terapis, Nantinya terapis akan melihat bagaimana Anda melakukan aktivitas atau tugas apa pun. 

Kemudian mereka membuat rencana untuk meningkatkan cara Anda melakukannya agar lebih mudah atau tidak terlalu menyakitkan.

YesDok Ads

Selanjutnya, mereka akan bekerja dengan Anda untuk membuat rencana terapi dan menetapkan tujuan yang dirancang untuk kebutuhan, dan disesuaikan dengan batasan Anda. 

Terapis akan melatih Anda untuk menyesuaikan gerakan, meningkatkan keterampilan motorik atau koordinasi tangan-mata Anda, atau melakukan tugas dengan cara baru.

Jika Anda memiliki salah satu dari masalah kesehatan ini, tanyakan kepada dokter Anda apakah terapi okupasi dapat membantu Anda: arthritis dan nyeri kronis, kerusakan otak, penggantian sendi, cedera saraf tulang belakang, penglihatan rendah, penyakit alzheimer, keseimbangan yang buruk, kanker, diabetes, sklerosis ganda atau serebral palsi.

Terapi okupasi juga dapat membantu anak-anak dengan cacat lahir, ADHD, arthritis remaja, autisme, atau cedera parah atau luka bakar.

YesDok Ads