Mengenal Sindrom Lynch, Penyebab, Gejala dan Cara Perawatannya

March 22, 2023 | Helmi

sindrom lynch

Sindrom Lynch adalah suatu kondisi yang meningkatkan risiko berbagai jenis kanker. Kondisi ini diturunkan dari orang tua ke anak.

Keluarga yang memiliki sindrom Lynch memiliki lebih banyak kasus kanker dari yang diperkirakan. Ini mungkin termasuk kanker usus besar, kanker endometrium dan jenis kanker lainnya. Sindrom Lynch juga menyebabkan kanker terjadi pada usia lebih dini.

Orang dengan sindrom Lynch mungkin memerlukan pengujian yang cermat untuk mencari kanker saat masih kecil. Pengobatan lebih mungkin berhasil ketika kanker diketahui lebih awal. Beberapa orang dengan sindrom Lynch mungkin perlu mempertimbangkan pengobatan untuk mencegah kanker.

Sindrom Lynch dulu disebut kanker kolorektal nonpolyposis herediter (HNPCC). HNPCC adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan keluarga dengan riwayat kanker usus besar yang kuat. Sindrom Lynch adalah istilah yang digunakan ketika dokter menemukan gen yang diturunkan dalam keluarga dan menyebabkan kanker.

Gejala

Orang dengan sindrom Lynch mungkin mengalami:

  • Kanker usus besar sebelum usia 50 tahun
  • Kanker lapisan dalam rahim (kanker endometrium) sebelum usia 50 tahun
  • Riwayat pribadi lebih dari satu jenis kanker
  • Riwayat kanker keluarga sebelum usia 50 tahun

Riwayat keluarga kanker lain yang disebabkan oleh sindrom Lynch, termasuk kanker perut, kanker ovarium, kanker pankreas, kanker ginjal, kanker kandung kemih, kanker ureter, kanker otak, kanker usus kecil, kanker kandung empedu, kanker saluran empedu dan kanker kulit.

Penyebab

Sindrom Lynch disebabkan oleh gen yang diturunkan dari orang tua ke anak. Gen adalah potongan-potongan DNA. DNA seperti seperangkat instruksi untuk setiap proses kimiawi yang terjadi di dalam tubuh.

Saat sel tumbuh dan membuat sel baru sebagai bagian dari siklus hidupnya, mereka membuat salinan DNA mereka. Terkadang salinan memiliki kesalahan. Tubuh memiliki sekumpulan gen yang menyimpan instruksi untuk menemukan kesalahan dan memperbaikinya. Dokter menyebut gen ini sebagai gen perbaikan ketidakcocokan.

Orang dengan sindrom Lynch memiliki gen perbaikan ketidakcocokan yang tidak berfungsi seperti yang diharapkan. Jika kesalahan terjadi pada DNA, itu mungkin tidak diperbaiki. Hal ini dapat menyebabkan sel-sel tumbuh di luar kendali dan menjadi sel kanker.

Sindrom Lynch berjalan dalam keluarga dalam pola pewarisan autosomal dominan. Artinya, jika salah satu orang tua memiliki gen penyebab sindrom Lynch, ada kemungkinan 50% setiap anak memiliki gen penyebab sindrom Lynch. Orang tua mana yang membawa gen tidak memengaruhi risiko.

YesDok Ads

Perawatan

Tidak ada obat untuk sindrom Lynch. Orang dengan sindrom Lynch sering menjalani tes untuk mencari tanda-tanda awal kanker. Jika kanker ditemukan saat masih kecil, pengobatan lebih mungkin berhasil.

Kadang-kadang kanker dapat dicegah dengan operasi untuk mengangkat beberapa organ sebelum berkembang menjadi kanker. Bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan Anda tentang pilihan Anda.

Skrining kanker untuk orang dengan sindrom Lynch

Tes skrining kanker adalah tes yang mencari tanda-tanda kanker pada orang yang tidak memiliki gejala kanker. Tes kanker mana yang Anda butuhkan tergantung pada situasi Anda. Penyedia layanan kesehatan Anda akan mempertimbangkan gen sindrom Lynch mana yang Anda bawa. Dokter juga mungkin mempertimbangkan kanker apa yang terjadi di keluarga Anda.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi aspirin setiap hari dapat menurunkan risiko kanker pada orang dengan sindrom Lynch. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami berapa banyak aspirin yang dibutuhkan untuk mendapatkan manfaat maksimal. Diskusikan potensi manfaat dan risiko terapi aspirin dengan dokter Anda.

Perawatan untuk mencegah kanker yang disebabkan oleh sindrom Lynch

Dalam situasi tertentu, Anda mungkin mempertimbangkan pembedahan atau perawatan untuk mencegah kanker. Diskusikan manfaat dan risikonya dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Perawatan mungkin tersedia untuk:

Pencegahan kanker endometrium. Pembedahan untuk mengangkat rahim disebut histerektomi. Ini mencegah kanker endometrium. Pilihan lain mungkin prosedur untuk menempatkan alat kontrasepsi di dalam rahim. Alat yang disebut intrauterine device (IUD) ini mengeluarkan hormon yang menurunkan risiko kanker endometrium. Ini juga mencegah Anda hamil.

Pencegahan kanker ovarium. Pembedahan untuk mengangkat ovarium disebut ooforektomi. Ini sangat mengurangi risiko kanker ovarium. Pilihan lain mungkin pil kontrasepsi oral, yang juga disebut pil KB. Penelitian menunjukkan meminum pil kontrasepsi oral selama minimal 5 tahun menurunkan risiko kanker ovarium.

Pencegahan kanker usus besar. Pembedahan untuk mengangkat sebagian besar atau seluruh usus besar Anda disebut kolektomi. Ini menurunkan risiko kanker usus besar. Operasi ini mungkin menjadi pilihan dalam situasi tertentu. Misalnya, ini bisa menjadi pilihan jika Anda menderita kanker usus besar. Mengangkat usus besar akan mencegah Anda terkena kanker usus besar lagi.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads