Mengenal Sindrom Asperger dan Gejalanya

October 07, 2021 | Kaifia

Sindrom asperger

Sindrom asperger adalah kondisi dimana seseorang mengalami gangguan perkembangan yang ditandai dengan kesulitan berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang sekitar.

Orang dengan kondisi ini cenderung memiliki kecerdasan di atas rata-rata namun mereka mungkin mengalami tantangan di beberapa bidang kehidupan mereka.

Sindrom ini termasuk ke dalam klasifikasi Diagnosis dan Manual Statistik Gangguan Mental (DSM) American Psychiatric hingga tahun 2013, semua bentuk autisme digabungkan menjadi satu diagnosis yaitu autism spectrum disorder (ASD).

Gejala sindrom asperger terhadap orang dewasa

Dalam kebanyakan kasus, orang dewasa dengan sindrom asperger memiliki keterlambatan kognitif dan keterampilan bahasa. Mereka dapat mengalami gejala yang secara signifikan mampu memengaruhi kehidupan sehari-hari.

Pada orang dewasa, gejala sindrom asperger dapat muncul dalam bentuk berikut ini

YesDok Ads

  • Komunikasi verbal dan nonverbal
  • Regulasi emosi 
  • Perilaku
  • Hubungan sosial antar sesama

Beberapa orang dengan kondisi ini cenderung merasa sulit untuk melakukan kontak mata dengan orang lain. Hal tersebut bisa membuat komunikasi dengan orang sekitar menjadi terganggu.

Diagnosis

Hingga saat ini, belum ada tes secara khusus yang mampu mendiagnosa sindrom asperger pada orang dewasa. 

Autism spectrum disorder umumnya di diagnosis pada anak usia dini. Kondisi ini menjadi kurang umum bagi orang dewasa tanpa diagnosis autisme. 

Jika Anda yakin bahwa Anda memiliki gejala atau tanda gangguan ini, segera berkonsultasilah kepada dokter.

Mendapatkan diagnosis saat dewasa bisa menjadi hal yang menantang bagi beberapa orang. Namun, diagnosis yang tepat bisa memberikan akses ke perawatan seperti terapi dan pengobatan dan membantu Anda dalam mengatasi tantangan yang Anda hadapi dengan kondisi ini.

YesDok Ads