Mengenal Refleks Moro pada Bayi dan Pemicunya

October 05, 2022 | Kaifia

Apa Itu Refleks Moro?

Apakah Anda familiar dengan istilah refleks moro atau refleks kejut? 

Refleks moro mengacu pada respons motorik yang dapat membuat bayi terkejut dan umumnya muncul pada bayi mulai dari kelahirannya. 

Medical News Today melansir bahwa refleks moro pada bayi bisa menunjukkan beberapa refleks naluriah termasuk menggenggam dan melangkah. Dokter akan memeriksa refleks ini selama beberapa pemeriksaan pertama setelah melahirkan.

Hal ini sangat penting untuk pertumbuhan si bayi. Ketika sesuatu memicu refleks Moro, bayi akan merentangkan lengannya lalu menggerakannya ke luar di bahu dan kemudian meluruskannya. Si bayi juga sering meregangkan kaki dan lengan mereka namun gerakan kaki ini bisa berbeda-beda bagi setiap bayi. 

 Pemicu 

Medical News Today melansir bahwa beberapa pemicu dari refleks moro yaitu termasuk suara kencang, cahaya intens dan gerakan secara tiba-tiba. 

Selain itu, sensasi jatuh juga dapat menjadi salah satu pemicunya. Bayi mungkin dapat merasa seolah-olah jatuh ketika orang tua sedang membaringkan atau mengangkatnya. 

Apa yang perlu Anda lakukan jika refleks moro terjadi?

Anda mungkin khawatir jika menyaksikan hal ini saat pertama kali namun penting untuk Anda ketahui bahwa refleks sejenis ini normal. 

YesDok Ads

Refleks moro bisa dipicu saat Anda mencoba menidurkan bayi. Misalnya, ketika Anda mencondongkan tubuh untuk membaringkan bayi agar tertidur lelap, mereka dapat terkejut karena terdapat sensasi jatuh tersebut. Dalam beberapa kasus, saat bayi tertidur nyenyak, mereka bisa terbangun dengan sensasi kaget dan terkadang hal ini terjadi oleh gerakan mereka sendiri. 

WebMD melansir beberapa tips berikut ini jika refleks bayi menghentikannya untuk tidur nyenyak di malam hari 

Rendahkan posisi bayi secara horizontal

Cobalah turunkan bayi Anda kedalam buaiannya secara horizontal, sehingga Anda tidak memiringkan kepalanya ke belakang

Pegang bayi secara erat

Jaga bayi Anda sedekat mungkin dengan tubuh Anda saat menurunkannya. Lepaskan mereka hanya ketika tubuh menyentuh kasur.

Membedong

Untuk membantu bayi agar tidur lebih nyenyak, cobalah untuk membedongnya. Selimuti bayi dengan kain mengamankan lengan mereka sehingga mereka tidak akan terkejut.

YesDok Ads