Mengenal Penyakit Urtikaria, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

November 01, 2022 | Helmi

penyakit urtikaria

Urtikaria atau dikenal sebagai gatal-gatal kronis, atau biduran, adalah reaksi kulit yang menyebabkan bekas gatal. Kondisi ini biasanya berlangsung selama lebih dari enam minggu dan sering kembali selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Seringkali, penyebab gatal-gatal kronis tidak jelas.

Bekas luka sering dimulai sebagai bercak gatal yang berubah menjadi bekas bengkak yang ukurannya bervariasi. Bekas-bekas ini muncul dan memudar secara acak saat reaksi terjadi.

Biduran kronis bisa sangat tidak nyaman dan mengganggu tidur dan aktivitas sehari-hari. 

Gejala

  • Kumpulan bekas (wheals) yang bisa muncul di mana saja di tubuh
  • Bintik-bintik yang mungkin berwarna merah, ungu atau berwarna kulit, tergantung pada warna kulit Anda
  • Bekas yang bervariasi dalam ukuran, berubah bentuk, dan muncul dan memudar berulang kali
  • Gatal (pruritus), yang bisa menjadi intens
  • Pembengkakan yang menyakitkan (angioedema) di sekitar mata, pipi atau bibir

Penyebab

Bekas yang menyertai gatal-gatal disebabkan oleh pelepasan bahan kimia sistem kekebalan tubuh, seperti histamin, ke dalam aliran darah Anda. Seringkali tidak diketahui mengapa gatal-gatal kronis terjadi atau mengapa gatal-gatal jangka pendek terkadang berubah menjadi masalah jangka panjang.

Reaksi gatal pada kulit juga dapat dipicu oleh:

  • Panas atau dingin
  • Sinar matahari
  • Getaran, seperti yang disebabkan oleh jogging
  • Tekanan pada kulit, seperti dari ikat pinggang yang ketat
  • Kondisi medis, seperti penyakit tiroid, infeksi, alergi, dan kanker

Pencegahan

YesDok Ads

Untuk menurunkan kemungkinan Anda mengalami gatal-gatal atau urtikaria, lakukan tindakan pencegahan berikut:

Hindari pemicu yang diketahui. Jika Anda tahu apa yang memicu gatal-gatal Anda, cobalah untuk menghindari zat itu.

Mandi dan ganti baju. Jika serbuk sari atau kontak hewan telah memicu gatal-gatal Anda di masa lalu, mandi atau mandi dan ganti pakaian Anda jika Anda terkena serbuk sari atau hewan.

Cara Mengobati

Pengobatan untuk gatal-gatal kronis sering dimulai dengan obat anti-gatal tanpa resep (antihistamin). Jika ini tidak membantu, dokter mungkin menyarankan agar Anda mencoba satu atau lebih dari perawatan ini:

Resep obat anti gatal. Pengobatan yang biasa untuk gatal-gatal kronis adalah resep pil antihistamin yang tidak membuat Anda mengantuk. Obat ini meredakan gatal, bengkak, dan gejala alergi lainnya. Penggunaan obat ini setiap hari membantu memblokir pelepasan histamin yang menghasilkan gejala. 

Obat-obatan ini memiliki sedikit efek samping. Jika antihistamin yang tidak memiliki efek mengantuk tidak membantu Anda, dokter dapat meningkatkan dosis atau menambahkan jenis antihistamin lain.

Untuk gatal-gatal kronis yang menolak perawatan ini, penyedia layanan kesehatan Anda mungkin meresepkan obat yang dapat menenangkan sistem kekebalan yang terlalu aktif.

YesDok Ads