Mengenal Motion Sickness dan Cara Meredakan Gejalanya

July 21, 2021 | Helmi

motion sickness

Pernahkah Anda mendengar istilah motion sickness? Kondisi ini ditandai dengan gejala seperti merasa mual atau pusing. Biasanya terjadi ketika dalam perjalanan jauh atau saat bermain game.

"Motion sickness terjadi ketika otak Anda tidak dapat memahami informasi yang dikirim dari mata, telinga, dan tubuh Anda," kata Elizabeth Ko, MD, seorang dokter dan profesor kedokteran di UCLA.

Saat Anda mengendarai mobil atau kereta api, mata dan sinyal dari telinga bagian dalam Anda memberi tahu tubuh Anda bahwa Anda sedang bergerak maju. Tetapi karena Anda duduk diam, otot dan persendian Anda mengirim pesan bahwa Anda tidak bergerak.

Bentrokan antara sinyal-sinyal inilah yang memicu gejala mabuk perjalanan, kata Adrian Priesol, MD, seorang ahli otoneurologi di Massachusetts Eye and Ear Infirmary.

Beberapa gejala motion sickness seperti: rasa mual yang tiba-tiba, keringat dingin, pusing, mual, atau muntah.

Gejala-gejala ini biasa terjadi saat berkendara dengan mobil, tetapi Anda juga bisa mengalami motion sickness saat bermain video game atau menggunakan perangkat virtual reality.

Cara mengobati motion sickness

Jika Anda mulai merasakan motion sickness, ada beberapa trik sederhana yang dapat Anda coba untuk meredakan gejalanya.

YesDok Ads

Fokuskan pandangan Anda pada objek di kejauhan. Ketika Anda melihat sesuatu yang jauh, itu tampak lebih diam daripada objek yang bergerak cepat di luar jendela samping Anda.

Itulah mengapa melihat ke kejauhan dapat membantu mengurangi konflik antara mata dan tubuh Anda dan meredakan mual.

Menghadap ke depan saat bepergian. Duduk mundur di kereta (sehingga Anda menghadap ke arah perjalanan yang berlawanan), atau memutar kepala ke arah kursi belakang mobil memberi sinyal ke otak bahwa Anda sedang bergerak mundur, yang dapat semakin membingungkan indra Anda.

"Meminimalkan konflik sensorik dengan modifikasi lingkungan dapat membantu mencegah mabuk perjalanan," kata Priesol.

Mencari udara segar. Menurunkan jendela di mobil dapat membantu mengurangi rasa mual. Mendapatkan udara segar juga dapat membantu mengurangi bau tidak sedap dari dalam kendaraan yang dapat memicu mual.

Letakkan ponsel atau buku. "Membaca buku atau bermain ponsel di kursi belakang mobil yang sedang bergerak dapat memicu mabuk perjalanan," kata Priesol.

Berfokus pada objek diam yang dekat dengan tubuh Anda dapat menyebabkan benturan antara mata dan telinga bagian dalam Anda.

YesDok Ads