Mengenal Metode Eracs Saat Persalinan

December 07, 2021 | Aqiyu

Eracs

Beberapa hari lalu, artis kondang Nagita Slavina melahirkan anak keduanya. Nagita Slavina melahirkan dengan proses persalinan operasi caesar metode Eracs. Metode ini diklaim dapat membuat ibu melahirkan pulih dari rasa sakit lebih cepat dari biasanya.

Dikutip dari EMC.id, Enhanced Recovery After Surgery (ERAS) merupakan teknik operasi yang dikembangkan untuk mempercepat perawatan dan juga mempercepat penyembuhan pasien. Sementara untuk di bidang obstetri disebut ERACS (Enhanced Recovery After Cesarean Surgery) sehingga memungkinkan waktu lama perawatan di rumah sakit tidak lebih dari 24 jam. Pada umumnya, ibu melahirkan dengan cara operasi caesar lama perawatan di rumah sakit sekitar 3 hari.

Dengan metode Eracs dapat meminimalisir luka. Sayatan pada kulit bisa sampai lapisan fascia sehingga kerusakan jaringan bisa sangat minimal. Untuk sayatan pada teknik Eras atau Eracs dilakukan menggunakan pisau dengan ketajaman khusus dan ukuran yang kecil. 

YesDok Ads

Secara teknis, sayatan pengambilan jaringan dilakukan tanpa merusak jaringan yang masih dalam kondisi baik dan sehat. Selain itu, ibu melahirkan akan minim rasa nyeri. Hal ini tentu diinginkan oleh banyak ibu usai melahirkan agar dapat merawat bayi lebih cepat seperti menyusui dan bergerak tanpa rasa sakit. Eracs dapat membuat ibu yang melahirkan secara caesar seperti tidak ada bedanya dengan melahirkan pervaginam yang pemulihannya lebih cepat.

Metode Eracs ini awalnya digunakan pada operasi bedah digestif. Metode ini terbukti mengurangi lama rawat pasien di rumah sakit dan mengurangi komplikasi pasca operasi. Lalu metode ini dikembangkan untuk operasi di bidang kebidanan yaitu pada operasi caesar.

(Foto: healthline)

YesDok Ads