Mengenal Mennorhagia Saat Wanita Menstruasi

October 16, 2019 | Helmi

Menstruasi menjadi rutinitas yang dialami tiap wanita. Menstruasi dapat menyebabkan kram perut, sembelit, sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi, dan kembung.

Menstruasi dapat mengganggu kegiatan wanita. Apa lagi ketika suatu periode berubah menjadi aliran darah terus menerus selama lebih dari seminggu? Kondisi itu disebut menorrhagia.

Menorrhagia adalah periode menstruasi yang berat dan berkepanjangan. Ini terjadi karena ketidakseimbangan hormon yang dipicu oleh kurangnya telur baru yang dihasilkan oleh siklus menstruasi.

Wanita yang mengalami pendarahan menstruasi berat bisa kehilangan dua kali jumlah darah normal daripada menstruasi biasa. Menorrhagia juga bisa terjadi selama lebih dari tujuh hari.

Tetapi ada alasan lain mengapa wanita mengalami menstruasi yang berat dan lebih lama. Ini bisa disebabkan oleh disfungsi ovarium, tumor non-kanker pada uterus, kanker, penyakit radang panggul, keguguran dan gangguan pendarahan lain.

Menorrhagia tidak hanya memengaruhi fungsi harian wanita selama lebih dari seminggu. Kondisi ini juga dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan, seperti anemia karena kehilangan darah.

YesDok Ads

Bisakah Menorrhagia Menyebabkan Kematian?

Beberapa orang juga menyatakan keprihatinan bahwa perempuan bisa mati kehabisan darah karena menorrhagia. Perlu dicatat bahwa itu tidak benar.

Wanita dengan menorrhagia kehilangan lebih dari 80 mililiter darah dalam satu siklus. Kehilangan darah rata-rata selama menstruasi adalah 30 hingga 40 mililiter.

Agar menstruasi menyebabkan kondisi perdarahan yang mematikan, yang disebut syok hemoragik, seorang wanita harus kehilangan setidaknya 20 persen dari suplai darah tubuhnya, menurut Healthline. Tubuh dapat menampung lebih dari 1 galon darah sehingga kehilangan beberapa ons dari periode yang berat mungkin tidak menyebabkan kematian.

Syok hemoragik bisa menjadi kondisi yang mengancam jiwa. Ini terjadi ketika tubuh kehilangan sejumlah besar darah dengan cepat karena cedera serius.

Ada perawatan untuk menorrhagia. Beberapa obat dan operasi dapat membantu mengurangi pendarahan dan mengelola menstruasi yang lebih baik di masa depan.

YesDok Ads