Mengenal Manfaat dan Tiga Jenis Probiotik untuk Kesehatan Anak

February 21, 2023 | Claudia

manfaat probiotik untuk anak

Pencernaan sering dikatakan sebagai otak kedua manusia, untuk itu, menjaga kesehatan pencernaan sangat penting dilakukan, terutama pada anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Probiotik bisa menjadi salah satu cara menyehatkan pencernaan, memang, apa manfaat probiotik untuk anak dan pencernaan?

Pemilihan jenis dan asupan nutrisi merupakan kunci utama agar anak tumbuh sehat. Nutrisi yang dipilih juga harus bisa diserap dengan baik dan memberi manfaat bagi tubuh. Agar nutrisi dapat diserap dengan baik, maka saluran cerna juga harus berfungsi optimal.

Kesehatan saluran cerna sangat bergantung pada kesehatan mikrobiota usus, di mana mikrobiota usus yang sehat ditunjukkan dengan jumlah bakteri baik atau probiotik yang lebih dominan, yakni sekitar 85% jika dibandingkan dengan jumlah bakteri jahat.

Manfaat Probiotik untuk Anak

Menjaga keseimbangan mikrobiota usus sangat penting untuk menghindari anak dari penyakit yang tidak diinginkan. Semua penyakit bersumber dari saluran cerna yang tidak dijaga dengan baik, dan mikrobiota usus yang tidak seimbang.

Sayangnya, tidak semua anak memiliki probiotik yang dapat berkolonisasi dengan baik. ASI eksklusif merupakan salah satu asupan terbaik bagi anak untuk mendapatkan probiotik, namun bagi anak-anak yang tidak mendapatkan ASI secara eksklusif, probiotik bisa didapatkan lewat sumber lain, misalnya saja susu, yoghurt, suplemen, atau gandum.

Susu merupakan salah satu sumber probiotik yang baik untuk anak. Memberikan susu secara rutin tak hanya dapat menyehatkan saluran pencernaan anak, namun juga mendorong tumbuh kembangnya secara optimal dan membuat anak lebih bahagia.

Namun, tidak semua jenis probiotik sama.Hanya beberapa jenis probiotik saja yang dapat memberikan manfaat kesehatan pada tubuh.

Jenis Probiotik

Beberapa probiotik tersebut antara lain:

YesDok Ads

Lactobacillus reuteri

Tak hanya dapat menyehatkan pencernaan, namun bakteri ini juga bisa mengatasi kolik dan diare pada anak.

Bifidobacterium lactis

Bakteri ini dapat mengurangi risiko diare dan memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan mengeluarkan zat-zat yang dapat memperkuat daya tahan tubuh anak. Daya tahan tubuh yang baik dapat meningkatkan respon vaksinasi pada anak.

Lebih lanjut, bakteri Bifidobacterium lactis juga dapat mencegah necrotizing enterocolitis (NEC), yakni kondisi peradangan pada usus besar atau usus halus yang terjadi pada bayi prematur.

Lactobacillus rhamnosus GG

Bakteri ini disebut dapat mengurangi risiko alergi seperti dermatitis atopik atau eksim pada anak. Alergi yang terjadi di awal kehidupan dapat berlangsung sepanjang masa hidup anak, namun jika hal ini dicegah sedini mungkin, risiko alergi untuk terus berkembang dapat ditekan. Bakteri Lactobacillus rhamnosus GG juga dapat membantu mengurangi infeksi saluran pernapasan dan infeksi saluran cerna.

Berikut adalah manfaat probiotik untuk anak dan penjelasan mengenai jenis probiotik yang baik untuk anak. Simak mengenai informasi kesehatan lainnya hanya di YesDok.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: The Kitchn)

YesDok Ads