Mengenal Lochia atau Pendarahan Pasca Persalinan

November 29, 2022 | Kaifia

Mengenal Lochia, Pendarahan Pasca Persalinan

Pendarahan usai melahirkan dapat menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi sang ibu. Kondisi ini dikenal dengan Lochia. Ini adalah cara tubuh membuang darah dan jaringan ekstra di rahim yang membantu pertumbuhan bayi.

Pada tahap awal, darah Anda akan terlihat merah terang dan Anda mungkin melihat adanya gumpalan pasca melahirkan. Kondisi ini bisa berlangsung selama beberapa minggu serta penting untuk Anda ketahui bahwa lochia adalah proses normal dari penyembuhan pasca persalinan. Anda mungkin mengalami pendarahan ringan hingga 6 minggu setelah melahirkan. 

Penyebab

Mengutip WebMD, beberapa hal tertentu dapat meningkatkan Anda mengalami pendarahan pasca persalinan. Anda berisiko lebih tinggi jika pernah mengalami sebelumnya. 

Penyebab paling umum terjadinya Lochia yaitu atonia uteri. Rahim wanita meremas setelah melahirkan untuk menghentikan pendarahan di tempat plasenta berada.

YesDok Ads

Pada seseorang dengan atonia uteri, rahim tidak mampu berkontraksi semestinya sehingga mampu menyebabkan pendarahan hebat.

Jika Anda mengira pendarahan yang Anda alami berbeda dengan darah menstruasi dan mereka bertahan lama sekitar 6 minggu lebih, penting untuk segera berkonsultasi ke dokter mengenai kondisi Anda terutama adanya gumpalan banyak.

Perawatan rumahan

Terapkan beberapa langkah dibawah ini untuk membantu proses penyembuhan di rumah

  • Gunakanlah pembalut selama 6 minggu pertama dan hindari menggunakan tampon agar mengurangi risiko infeksi
  • Gunakan celana yang membuat Anda nyaman
  • Persiapkan pembalut dengan ukuran besar dan tebal untuk beberapa minggu pertama
YesDok Ads