Mengenal Lebih Jauh Tentang Sindrom Band Iliotibial

December 05, 2020 | Iman

Cedera lutut

Syndrome Iliotibial band (dikenal juga sebagai: IT band syndrome, ITB syndrome, atau ITBS) adalah salah satu cedera yang paling umum di antara pelari. Kondisi ini terjadi ketika pita iliotibial yaitu pita tebal jaringan ikat yang membentang dari luar pinggul ke luar lutut kencang atau alami peradangan.

Pita IT membantu menstabilkan dan menggerakkan sendi lutut. Ketika pita TI tidak bekerja dengan benar, gerakan lutut menjadi menyakitkan. Rasa sakitnya bisa cukup parah untuk benar-benar mengganggu berminggu-minggu bahkan lebih.

Mengidentifikasi Gejala ITBS

“Gejala sindrom pita IT yang paling khas adalah nyeri di bagian luar lutut, sehingga banyak pelari yang salah mengira mereka mengalami cedera lutut seperti robekan meniskus lateral,” dokter olahraga dari New York, Jordan Metzl. Cedera lutut biasanya akan membengkak, jadi jika Anda tidak mengalami pembengkakan sekitar lima hingga tujuh menit dalam setiap lari, Anda kemungkinan besar menderita ITBS.

Cara lain untuk membedakan robekan meniskus lateral dari ITBS adalah Anda akan mengalami sensasi klik dengan sobekan. Selain itu, cek MRI terkadang dapat memastikan apakah cedera Anda dapat didiagnosis sebagai ITBS. “X-ray biasanya akan memberikan hasil negatif, tetapi MRI dapat menunjukkan penebalan parsial pada pita, yang diakibatkan oleh peradangan,” ahli fisiologi, Susan Paul lebih jauh menjelaskan.

 Penyebab Umum ITBS

ITBS dapat disebabkan oleh aktivitas apa pun yang menyebabkan kaki berputar ke dalam berulang kali. Hal ini bisa termasuk memakai sepatu yang sudah haus atau usang, berlari menuruni bukit atau di permukaan yang miring, hingga berlari terlalu jauh. Otot bokong yang lemah juga dapat menyebabkan ITBS.

Tidak seperti cedera lainnya, nyeri ITBS dapat menimpa pelari dari pemula hingga berpengalaman sekalipun. ITBS lebih sering terjadi pada wanita, mungkin karena mereka cenderung memiliki panggul yang lebih lebar daripada pria. "Panggul yang lebih lebar berarti tingkat rotasi yang lebih tinggi saat berlari," tambah Paul lebih jauh.

Mengobati Sindrom Band Iliotibial

Begitu Anda menyadari nyeri pita IT, cara terbaik untuk menghilangkannya selamanya adalah dengan segera beristirahat. Jika Anda pelari dapat menghentikan latihan yang berat lalu menggantinya dengan jalan kaki. Apabila ingin tetap aktif, Anda bisa berlatih silang dengan berenang atau  bersepeda ringan. Kompres es atau panas hingga minum obat pereda nyeri dapat memperbaiki gejala sambil meninggu diagnose dokter ahli.

(Foto : pixabay)

YesDok Ads