Mengenal Latihan Terbaik Bagi Kesehatan Jantung

July 31, 2020 | Iman

Olahraga

Jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Terlebih di masa pandemi ini kasus dengan gangguan jantung terjadi lonjakan. Orang dengan komorbiditas dan mereka yang menderita kondisi kesehatan, termasuk penyakit jantung dan diabetes, berisiko tinggi tertular virus. 

Menurut Kardiologis Intervensional Senior di Mumbai, Tilak Suvarna mengatakan jika perubahan gaya hidup positif adalah satu-satunya cara mencegah serangan jantung koroner. “Gaya hidup positif tersebut meliputi latihan atau olahraga yang tepat,” kata Suvarna.

Olahraga membakar kalori yang dapat membantu menjaga berat badan ideal. Olahraga teratur juga membantu mengendalikan faktor risiko paling umum yang terkait dengan serangan jantung, seperti tekanan darah, kolesterol, dan diabetes. Selain itu, olahraga menyebabkan arteri jantung membesar, mengurangi denyut jantung tinggi dan meningkatkan kondisi fisiologis jantung, sehingga membuat jantung lebih siap untuk menahan segala tekanan. 

Akhirnya olahraga teratur mengarah ke 'fenomena yang disebut "iskemik prakondisi' yang pada dasarnya berarti bahwa jantung lebih mampu beradaptasi dengan aliran darah yang tidak memadai karena blok arteri koroner.

Tetapi orang-orang yang sudah menderita penyakit jantung harus mengikuti tindakan pencegahan tertentu. Orang dengan penurunan fungsi jantung, yang didiagnosis dengan tes 2D-Echocardiography, tidak boleh memulai program olahraga apa pun tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli. Mereka harus selalu mulai dengan latihan intensitas rendah dan durasi pendek, dan kemudian secara bertahap meningkatkan intensitas dan durasi.

YesDok Ads

Cobalah diet jantung sehat meliputi banyak mengonsumsi buah, sayuran, seperti salad. Hindari makanan kaya lemak atau kolesterol dan makanan tinggi kalori. Mengonsumsi lebih banyak biji-bijian utuh dan mengurangi asupan garam adalah pilihan yang terbaik.

“Ada hal-hal tertentu yang tidak dapat dinegosiasikan dalam hal menjaga kesehatan jantung. Pertama dan terutama adalah mengelola gaya hidup, diikuti oleh kebiasaan makanan yang tidak teratur, makanan olahan, merokok dan mengelola stres,” Suvarna menambahkan.

 

(Foto: wellandgood)

YesDok Ads