Mengenal Kehamilan Kosong, Gejala dan Apakah dapat Dicegah?

July 08, 2022 | Helmi

ilustrasi kehamilan kosong

Blighted ovum atau kehamilan kosong adalah sel telur yang telah dibuahi yang menanamkan dirinya di dalam rahim tetapi tidak menjadi embrio. Plasenta dan kantung embrio terbentuk, tetapi tetap kosong. 

Tidak ada bayi yang sedang tumbuh. Ini juga dikenal sebagai kehamilan anembrionik atau kehamilan kosong. Meskipun tidak ada embrio, plasenta tetap menghasilkan human chorionic gonadotropin (hCG). Ini adalah hormon yang dirancang untuk mendukung kehamilan.

Gejala Kehamilan Kosong

Blighted ovum atau kehamilan kosong terkadang berakhir sebelum Anda menyadari bahwa Anda hamil. Ketika ini terjadi, Anda mungkin hanya berpikir bahwa Anda mengalami periode menstruasi yang lebih berat dari biasanya.

Blighted ovum mungkin memiliki gejala yang sama dengan kehamilan pada umumnya, seperti: tes kehamilan positif, payudara sakit dan periode menstruasi yang terlewat/

Saat kehamilan berakhir, gejala mungkin termasuk keguguran. Ini dapat mencakup: bercak atau pendarahan vagina, kram perut dan hilangnya nyeri payudara

Tes kehamilan mengukur kadar hCG, sehingga blighted ovum dapat terus menghasilkan hasil tes positif sebelum jaringan dikeluarkan.

Penyebab Kehamilan Kosong

YesDok Ads

Kondisi ini tidak disebabkan oleh apa pun yang Anda lakukan atau tidak lakukan, baik selama atau sebelum kehamilan Anda.

Penyebab pasti dari blighted ovum atau kehamilan kosong tidak diketahui. Diperkirakan disebabkan oleh kelainan kromosom yang terjadi di dalam sel telur yang telah dibuahi. Ini mungkin hasil dari genetika, atau sel telur atau sperma berkualitas buruk.

Blighted ovum mungkin terkait dengan kelainan dalam kromosom 9. Jika Anda mengalami kehamilan blighted ovum berulang, pertimbangkan untuk berbicara dengan dokter Anda tentang analisis kromosom embrio Anda.

Blighted ovum atau kehamilan kosong dapat terjadi begitu dini sehingga tidak dikenali. Namun, banyak wanita yang menerima diagnosis kondisi ini dapat menjalani kehamilan sehat berikutnya. 

Tidak jelas apakah blighted ovum paling sering terjadi pada kehamilan pertama kali atau kadang-kadang terjadi lebih dari sekali. Sebagian besar wanita yang mengalami blighted ovum dapat memiliki kehamilan yang benar dan bayi yang sehat.

Blighted ovum sering ditemukan pada USG pertama. Pemeriksaan akan menunjukkan plasenta dan kantung embrionik yang kosong. Blighted ovum biasanya terjadi antara minggu ke-8 dan ke-13 kehamilan.

Jika blighted ovum ditemukan selama pertemuan pranatal, dokter Anda akan mendiskusikan pilihan pengobatan dengan Anda. Ini mungkin termasuk:

Kehamilan kosong tidak dapat dicegah. Jika Anda khawatir tentang kondisi ini, bicarakan dengan dokter Anda tentang kemungkinan penyebab genetik dan prosedur pengujian, yang mungkin membantu Anda menghindarinya.

YesDok Ads