Mengenal Kecanduan Makanan yang Bisa Jadi Penyebab Obesitas

June 29, 2021 | Helmi

kecanduan makanan

Kecanduan makanan adalah konsep yang digunakan peneliti untuk menggambarkan kebiasaan makan kompulsif pada manusia, yang mungkin menyerupai perilaku seperti kecanduan.

Penelitian menunjukkan bahwa beberapa individu mungkin lebih mungkin mengalami kecanduan makanan enak daripada yang lain - yang berarti makanan yang tinggi lemak dan gula.

Studi lain menunjukkan bahwa mereka yang mungkin mengalami kecanduan makanan menunjukkan perilaku "mencari", serta gejala dan keinginan lain yang serupa dengan yang biasanya dialami orang sebagai bagian dari gangguan penggunaan narkoba.

Tidak ada definisi klinis yang diterima secara universal tentang "kecanduan makanan," dan Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM-5) tidak mencantumkannya sebagai suatu kondisi. 

Namun, para peneliti telah mengidentifikasi beberapa perilaku yang terkait dengan konsep ini. Ini termasuk:

  • Makan berlebihan kompulsif, bahkan tanpa adanya rasa lapar
  • Mengidam untuk makanan tinggi lemak dan manis
  • Kesulitan dalam mengontrol asupan makanan
  • Pola makan yang tidak teratur

Sebuah ulasan yang dilakukan pada tahun 2018 yang lalu menyoroti bahwa makanan enak — atau bahkan makanan secara umum — merangsang bagian otak yang sama dan berbagi aktivitas saraf yang sama dengan zat terlarang.

YesDok Ads

Hippocampus, caudate, dan insula adalah tiga wilayah otak yang telah ditunjukkan oleh para peneliti sebagai yang terlibat dalam hubungan ini.

Misalnya, makanan dan zat terlarang keduanya menghasilkan pelepasan hormon, seperti dopamin, dan opioid endogen yang diproduksi tubuh secara alami.

Hormon-hormon ini adalah bagian dari "sistem penghargaan" — atau sirkuit mesolimbik — di otak, yang bertanggung jawab atas motivasi, keinginan, dan hasrat.

Konsep kecanduan makanan telah menarik banyak minat di komunitas ilmiah, dengan beberapa mengusulkannya sebagai kontributor potensial yang mendasari obesitas dan yang lain melihatnya sebagai gejala kelebihan berat badan.

Beberapa peneliti mengusulkan kecanduan makanan sebagai penyebab potensial obesitas di AS dan menyamakannya dengan perilaku adiktif yang sering ditunjukkan oleh orang-orang dengan penyalahgunaan zat.

Studi manusia yang lebih ketat dan jangka panjang diperlukan untuk memeriksa nutrisi atau pola makan yang mungkin bertanggung jawab untuk pengembangan kecanduan makanan.

YesDok Ads