Mengenal Kandungan Leucine dalam Asam Amino yang Punya Banyak Manfaat Kesehatan

September 08, 2019 | Iman

Kandungan Leucine yang terdapat di asam amino dikenal untuk meningkatkan massa otot dan meningkatkan kinerja atletik di binaragawan dan atlet, leucine ditemukan secara alami di banyak sumber makanan dan juga paling sering dijumpai dalam bentuk suplemen.

Leucine adalah asam amino esensial yang penting dalam sintesis otot, selama berolahraga, salah satu jenis asam amino ini diuraikan di otot, yang meningkatkan energi dan sintesis otot, selain itu, leucine juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Berikut adalah Manfaat Kesehatan Dari Leucine seperti dilansir laman Boldsky.

1.Mengontrol gula darah

Leucione dapat membantu menjaga gula darah atau menurunkan hiperglikemia. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Metabolism, jika konsumsi Leucine bersamaan dengan glukosa, dapat membantu memicu sekresi insulin dan menurunkan kadar gula darah.

2. Membantu Menghilangkan Lemak.

Jika Anda ingin mengurangi lemak tubuh, leucine adalah yang Anda butuhkan. Sebuah penelitian pada tahun 2015 menunjukkan bahwa asam amino ini bisa mengurangi akumulasi lemak selama penuaan dan mencegah risiko obesitas.

3. Membangun otot

YesDok Ads

Kandungan Leucine adalah salah satu suplemen yang populer di antara binaragawan dan atlet karena dapat membantu dalam membangun otot, dengann memasukkan banyak makanan yang kaya leucine ke dalam diet Anda sangat bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan otot.

4. Mencegah kehilangan otot 

Leucine dapat memperlambat kerusakan otot untuk mengurangi efek penuaan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa asam amino ini bisa meningkatkan sintesis otot pada orang dewasa.

5. Meningkatkan kinerja fisik

Menurut sebuah penelitian, asupan suplementasi kaya kandungan leucine selama enam minggu dapat meningkatkan daya tahan dan kekuatan tubuh bagian atas sekaligus meningkatkan massa jaringan tanpa lemak dan kinerja fungsional pada orang dewasa.

Sementara itu, makanan kaya Leucine diantaranya adalah Telur, Oat, Ikan Tuna, Ayam, Daging sapi dan Biji wijen. Namun, ada peringatan juga jika ingin mengonsumi kandungan ini dalam bentuk suplemen, agar tidak melebihi dosis karena suplemen yang mengandung Leucine dapat meningkatkan risiko kelelahan kronis dan gangguan koordinasi pada tubuh.

(Foto : inat.com)

YesDok Ads