Mengenal Jenis Gangguan Tidur Pada Anak yang Perlu Orang Tua Ketahui

March 02, 2023 | Kaifia

Gangguan Tidur pada Anak

Kualitas tidur yang baik sangat memengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan serta produktivitas dalam menjalankan aktivitas keseharian. Tidak hanya orang dewasa yang mengalami gangguan tidur, namun gangguan tidur pada anak juga umum terjadi.

Orang dewasa dan anak memerlukan setidaknya sekitar 9 jam tidur setiap malam. Apabila seseorang seringkali alami kekurangan tidur, hal tersebut dapat berdampak negatif pada kinerja saat bekerja atau bersekolah dan bahkan memengaruhi kondisi kesehatan Anda.

Meskipun itu, terdapat banyak masalah yang diluar kendali kita atau anak yang mampu mengganggu rutinitas tidur di malam hari. 

Ciri gangguan tidur pada anak

Jika anak Anda tampak alami banyak masalah yang membuat resah dan berlangsung selama beberapa malam, hal tersebut dapat menandakan adanya gangguan tidur pada anak. 

Ketika buah hati kekurangan tidur, mereka akan cenderung menunjukkan emosi mudah marah sedangkan pada remaja, tidur yang tidak cukup dapat memicu perasaan depresif.

Jenis gangguan tidur pada anak

Berikut adalah jenis-jenis gangguan tidur pada anak yang umum terjadi.

YesDok Ads

Sindrom kaki gelisah

Kondisi ini merupakan kondisi medis yang memicu dorongan untuk menggerakan kaki Anda tak tertahankan. Gejala utama dari sindrom kaki gelisah yaitu sensasi tidak nyaman pada kaki saat Anda berbaring dalam waktu yang lama diikuti dengan kedutan yang dapat memburuk sepanjang malam. Dalam beberapa kasus, anak mungkin sebenarnya tidak menyadari bahwa mereka memiliki sindrom kaki gelisah.

Sleep apnea 

Anda bisa mendapati anak Anda mendengkur dengan keras, tidur dengan mulut terbuka dan berhenti bernapas selama beberapa detik, anak Anda mungkin alami sleep apnea. Hal tersebut dapat memicu gangguan pernapasan sesaat yang mampu mengganggu kualitas tidur anak di malam hari. Sleepfoundation.org melansir bahwa dokter dapat menyarankan evaluasi lebih lanjut oleh spesialis obat tidur atau analisis medis di klinik tidur. 

Bruxisme 

Bruxisme adalah kondisi ketika seseorang menggeretakan atau menggesekkan atau menggesekan gigi mereka sehingga menimbulkan suara kertak gigi. Hal ini dilakukan secara tanpa sadar. Akibatnya, anak dapat mengalami sakit kepala, kerusakan gigi dan cedera pada otot rahang.

Jika anak Anda alami gangguan tidur atau gejala tertentu yang memengaruhi kualitas tidur anak berhari-hari, penting untuk segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan solusi serta pengobatan yang tepat bagi buah hati.

Berikut penjelasan mengenai gangguan tidur pada anak dari jenis hingga cirinya. Simak informasi kesehatan lainnya hanya di YesDok.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads