Mengenal Istilah Hypnic Jerk dan Gejalanya

July 23, 2021 | Kaifia

Seorang wanita terbangun di malam hari.

Hypnic jerk adalah kondisi dimana tubuh menimbulkan sentakan yang disebabkan oleh kontraksi otot yang kuat dan secara tiba-tiba saat ingin tidur di malam hari. 

Sentakan ini hampir tidak tampak namun hal tersebut bisa menjadi kondisi yang intens. Orang yang pernah mengalami hal ini cenderung akan langsung bangun dari tidurnya dengan sentakan pada tubuhnya.

Hypnic jerk juga merupakan kondisi yang terjadi secara umum dan penyebab pastinya masih belum diketahui hingga saat ini. 

Penelitian menunjukkan hingga 70% individu mengalami kontraksi otot ini. Namun, tidak semua kasus ini akan menyebabkan seseorang untuk terbangun dari tidurnya. 

Beberapa orang mungkin tidak menyadari timbulnya kedutan dari sentakan tersebut dan mereka hanya sadar bahwa hal itu terjadi saat orang terdekatnya yang memperhatikan gerakan tersebut saat ia tertidur.

Gejala

Gejala dari hypnic jerk yang umum terjadi yaitu antara lain

  • Detak jantung cepat
  • Bermimpi seolah-olah sedang jatuh
  • Pernapasan cepat
  • Keringat
  • Sentakan otot pada area tubuh

Kontraksi otot yang cukup mengejutkan dapat membangunkan seseorang dari tidurnya. Dalam beberapa kasus, kontraksi ini bisa membuat seseorang merasa seolah-olah orang lain mendorongnya dari tempat tidur

Penyebab 

YesDok Ads

Hingga saat ini, masih belum ada penyebab jelas kenapa kondisi ini bisa terjadi. Mereka terjadi pada kebanyakan orang tanpa faktor penyebab yang jelas.

Berikut adalah kemungkinan penyebab hypnic jerk yaitu termasuk

Kecemasan

Pikiran cemas dan stres dapat membuat otak Anda selalu dalam mode aktif bahkan ketika otot mencoba untuk rileks saat ingin tidur. Hal ini memungkinkan otak untuk mengirim sinyal waspada saat Anda tertidur

Olahraga

Olahraga dapat merangsang tubuh dan membuat tubuh untuk sulit rileks saat pada waktunya. Stimulasi yang berlebihan ini bisa menyebabkan hypnic jerk.

Kebiasaan tidur buruk

Pola tidur yang tidak teratur, kurang tidur dan gangguan tidur lainnya juga dapat memengaruhi timbulnya hypnic jerk.

Beberapa perubahan gaya hidup tertentu bisa membantu seseorang mengurangi jumlah hypnic jerk yang mereka alami. Perubahan tersebut bisa termasuk menerapkan relaksasi atau latihan pernapasan, membuat rutinitas tidur dan hindari olahraga di malam hari.

YesDok Ads