Mengenal Infeksi Pneumonia Mycoplasma, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

February 16, 2023 | Helmi

Infeksi Pneumonia Mycoplasma

Mycoplasma pneumonia (MP) atau Infeksi Pneumonia Mycoplasma adalah jenis bakteri yang dapat menyebabkan banyak gejala, termasuk batuk kering, demam, dan sesak napas ringan saat beraktivitas.

Bakteri Mycoplasma pneumonia adalah salah satu patogen manusia yang paling dikenal, dan ada lebih dari 200 spesies berbeda yang dikenal. Kebanyakan orang dengan infeksi pernapasan yang disebabkan oleh Mycoplasma pneumonia tidak mengembangkan pneumonia. 

Infeksi Pneumonia Mycoplasma menyebar dengan cepat melalui kontak dengan cairan pernapasan di tempat ramai. Saat seseorang batuk atau bersin, kelembapan yang mengandung bakteri Mycoplasma pneumonia dilepaskan ke udara, dan orang lain di sekitarnya dapat dengan mudah menghirup bakteri tersebut.

Begitu berada di dalam tubuh, bakteri dapat menempel pada jaringan paru-paru Anda dan berkembang biak hingga infeksi penuh berkembang.

Dari jumlah tersebut, Mycoplasma pneumonia menyebabkan infeksi terbanyak, meski hanya sekitar 10% orang yang terinfeksi benar-benar akan berkembang menjadi pneumonia.

Bakteri juga dapat menyebabkan trakeobronkitis (pilek dada), sakit tenggorokan, dan infeksi telinga, selain pneumonia.

Gejala Infeksi Pneumonia Mycoplasma

Gejala Infeksi Pneumonia Mycoplasma berbeda dengan pneumonia tipikal yang disebabkan oleh bakteri biasa, seperti Streptococcus dan Haemophilus.

Pasien biasanya tidak mengalami sesak napas berat, demam tinggi, dan batuk. Sebaliknya, mereka mengalami demam ringan, batuk kering, sesak napas ringan (terutama saat beraktivitas), dan kelelahan.

Mycoplasma pneumonia dapat meniru infeksi saluran pernapasan atas atau flu biasa daripada infeksi saluran pernapasan bawah atau pneumonia. Batuk kering adalah tanda infeksi yang paling umum. 

Gejala lain yang mungkin dapat terjadi seperti:

YesDok Ads

  • rasa tidak enak
  • sesak napas ringan
  • radang sendi, di mana persendian menjadi meradang
  • perikarditis, peradangan perikardium yang mengelilingi jantung
  • Sindrom Guillain-Barre, gangguan neurologis yang dapat menyebabkan kelumpuhan dan kematian
  • ensefalitis, radang otak yang berpotensi mengancam jiwa
  • gagal ginjal
  • anemia hemolitik
  • kondisi kulit yang langka dan berbahaya seperti sindrom Stevens-Johnson dan nekrolisis epidermal toksik
  • masalah telinga langka seperti myringitis bulosa
  • Dalam kasus yang jarang terjadi, MP bisa berakibat fatal

Pengobatan Infeksi Pneumonia Mycoplasma

Antibiotik adalah pengobatan pertama untuk pneumonia Mycoplasma. Anak-anak mendapatkan antibiotik yang berbeda dari orang dewasa untuk mencegah efek samping yang berpotensi berbahaya.

Terkadang antibiotik saja tidak cukup, dan Anda harus diobati dengan kortikosteroid untuk mengatasi peradangan. 

Terapi imunomodulator

Jika Anda memiliki pneumonia mycoplasma yang parah, Anda mungkin memerlukan "terapi imunomodulator" lain selain kortikosteroid, termasuk imunoglobulin intravena atau IVIG.

Infeksi Pneumonia Mycoplasma biasanya berkembang tanpa gejala yang terlihat selama 1 hingga 3 minggu pertama setelah paparan. Diagnosis tahap awal sulit dilakukan karena tubuh tidak langsung mengungkapkan adanya infeksi.

Infeksi dapat bermanifestasi di luar paru-paru Anda. Jika ini terjadi, tanda-tanda infeksi mungkin termasuk pecahnya sel darah merah, ruam kulit, dan masalah sendi.

Untuk membuat diagnosis, dokter Anda menggunakan stetoskop untuk mendengarkan suara abnormal pada pernapasan Anda. Rontgen dada dan CT scan juga dapat membantu dokter membuat diagnosis.

Mencegah Infeksi Pneumonia Mycoplasma

Risiko tertular pneumonia mycoplasma memuncak pada musim gugur dan musim dingin. Tempat yang dekat atau ramai memudahkan penularan infeksi dari orang ke orang.

Untuk menurunkan risiko infeksi, pastikan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas 6 hingga 8 jam tidur per malam, makanlah makanan yang seimbang dan hindari orang dengan gejala pneumonia mycoplasma.

Praktikkan kebersihan yang baik dengan mencuci tangan sebelum makan atau setelah berinteraksi dengan orang yang terinfeksi.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads