0 Point
sun blok

Mengenal Gejala Kanker Kulit dan Cara Pencegahannya

Polusi udara, pola makan yang buruk, gaya hidup dan paparan berbagai jenis bahan kimia telah meningkatkan risiko kanker dalam beberapa dekade terakhir. Kanker telah merenggut lebih dari 9 juta nyawa di seluruh dunia setiap tahun. Berbagai jenis kanker menunjukkan gejala yang beragam tergantung pada bagian tubuh yang terkena efek sel kanker.

Gejala kanker pada leher, telinga dan wajah

Pertumbuhan putih seperti mutiara dan lilin di leher, telinga, dan wajah bisa menjadi tanda pasti dari karsinoma sel basal, sejenis kanker kulit. Kanker jenis ini berkembang pada bagian tubuh yang terkena sinar matahari.

Mereka yang menderita kondisi kesehatan ini dapat menyaksikan benjolan transparan besar di kulit. Benjolan bisa memiliki bentuk yang berbeda dan muncul di bagian tubuh mana pun yang terkena sinar matahari. Menjadi jenis kanker kulit, sebagian besar karsinoma sel basal disebabkan oleh paparan jangka panjang terhadap radiasi ultraviolet (UV) dari sinar matahari.

Bagaimana lesi muncul?

Lesi kulit dapat muncul karena beberapa alasan, tetapi yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel abnormal dalam tubuh memiliki beberapa karakteristik khusus. Lesi akibat kanker kulit jarang berkembang di area tertutup seperti alat kelamin dan perut. Perubahan pada kulit akibat pertumbuhan sel kanker mungkin memiliki satu atau lebih karakter:

  • Benjolan bening, putih mutiara atau merah muda pada kulit putih. Ini mungkin tampak coklat atau hitam mengkilap pada kulit hitam coklat.
  • Benjolan berwarna coklat, hitam atau biru dengan bintik-bintik gelap dan batas yang sedikit menonjol dan tembus pandang.
  • Sebuah patch datar bersisik dengan tepi terangkat yang tumbuh dari waktu ke waktu.
  • Lesi putih, seperti lilin, seperti bekas luka tanpa batas yang jelas.
  • Luka terbuka yang berdarah, atau keluar dan tetap terbuka selama beberapa minggu

 Tips melindungi diri dari kanker:

  • Hindari sinar matahari di tengah hari: Berjemur di bawah sinar matahari sangat penting untuk mendapatkan cukup vitamin D dalam sehari, tetapi cobalah untuk menghindari melakukan ini saat sinar matahari paling kuat. Batasi paparan sinar matahari antara pukul 10 pagi hingga 4 sore.
  • Kenakan tabir surya: Menerapkan tabir surya tidak hanya penting di musim panas tetapi juga penting di musim dingin. Oleskan tabir surya dengan SPF minimal 30, bahkan pada hari berawan pada bagian tubuh yang terbuka.
  • Kenakan pakaian pelindung: Kenakan kain berwarna gelap dan tenunan rapat untuk menutupi lengan dan kaki Anda dan melindungi dari sinar matahari yang menyengat.
  • Periksa kulit Anda secara teratur: Jika Anda melihat perubahan sekecil apa pun pada kulit Anda, hubungi dokter Anda. Periksakan diri Anda untuk pertumbuhan kulit baru atau perubahan pada tahi lalat, bintik-bintik, benjolan, dan tanda lahir yang ada.

Kanker tidak disebabkan karena satu faktor saja. Beberapa hal meningkatkan risiko kita terkena kanker seperti usia, riwayat keluarga, paparan arsenik, terapi radiasi, dan obat penekan sistem imun.

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok